Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 02 Agu 2020 07:48 WIB

TRAVEL NEWS

Gila! Sampah Plastik di Jepang Cuma Kalah dari AS, tapi...

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Sampah plastik Jepang
Plastik di onigiri Jepang (Foto: CNN)
Tokyo -

Jepang merupakan salah satu negara penghasil sampah plastik terbesar di dunia. Bagaimana sejarah dan pengolahannya?

Jepang mengumumkan untuk mulai menarik biaya kantong plastik. Faktanya, negeri Sakura merupakan salah satu negara penghasil sampah plastik terbesar di dunia.

Traveler pasti tahu bahwa rak-rak di toserba Jepang dipenuhi dengan makanan yang dibungkus plastik per biji. Praktik ini sudah berlangsung puluhan tahun.

Penjual menganggap bahwa bungkus plastik akan menjamin higienitas suatu barang, kata juru bicara Lawson. Dari 540 miliar kantong plastik yang digunakan setiap tahun di seluruh dunia, konsumen di Jepang menggunakan 30 miliar di antaranya.

Tapi, AS tetap ada di urutan atas, menggunakan sekitar 100 miliar tas setiap tahun. Itu nyaris 1/5 dari total kantong plastik di dunia.

Dengan angka itu, Jepang menjadi negara penghasil sampah plastik per orang terbanyak di dunia, kecuali AS, menurut laporan PBB tahun 2018.

Jepang menyadari situasi itu. Negeri Sakura pun telah melakukan upaya untuk mengurangi sampah plastik sejak diterapkannya undang-undang pada tahun 1991 yang memaksa pebisnis bertanggung jawab untuk mendaur ulang kemasannya.

Sampah plastik JepangKantong plastik berbayar di Jepang (Foto: CNN)

Perubahan datang di bulan ini. Pemerintah Jepang mengenakan biaya wajib kantong plastik antara 3-5 yen atau Rp 400-700. Murah.

Penggunaan plastik yang massif di Jepang dimulai pada tahun 1960-70an. Negara ini dikenal dengan industrinya dan berusaha mengubah citra pembuat barang murah menjadi pengecer premium.

Produsen sangat memperhatikan kemasan untuk menarik konsumen yang mencari kualitas. Standarnya, pembungkus plastik akan lebih disukai, hingga pembungkus ini meluas penggunaannya ke makanan.

Hari daur ulang >>>

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4

BERITA TERKAIT
BACA JUGA