Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 02 Agu 2020 07:48 WIB

TRAVEL NEWS

Gila! Sampah Plastik di Jepang Cuma Kalah dari AS, tapi...

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Sampah plastik Jepang
Plastik di onigiri Jepang (Foto: CNN)

Jepang beralih dari plastik

Beberapa wilayah di Jepang telah menerapkan pengurangan penggunaan plastik sekali pakai. Penduduk Kamikatsu, kota dengan populasi 1.490 orang, memberlakukan kebijakan zero waste (nol sampah) sejak tahun 2003.

Mereka mengedukasi penduduknya untuk membeli produk yang dapat digunakan kembali. Kota ini mendaur ulang sekitar 80,7 persen dari 301 ton limbah rumah tangga yang dihasilkannya pada tahun 2019 atau jauh lebih tinggi daripada rata-rata daur ulang nasional sebesar 20 persen.

Sampah plastik, kertas, sisa makanan dan gelas dipisahkan menjadi 45 kategori. Sampah ini dikumpulkan kemudian ditukar dengan poin reward atau didaur ulang.

Sampah yang tersisa, yang tidak dapat didaur ulang seperti kertas tisu, akan dibakar.

Sampah plastik JepangSampah alumunium di Kamikatsu, Tokushima, Jepang (Foto: CNN)

Kota-kota besar lainnya juga berusaha mengurangi limbah. Pada tahun 2018, kota Kameoka di prefektur Kyoto menjadi kota Jepang pertama yang mengumumkan rencana untuk melarang penggunaan plastik sekali pakai.

Tujuannya untuk mengakhiri penggunaan plastik pada tahun 2030. Mulai Januari mendatang, pengecer di kota itu akan dilarang menawarkan kantong plastik kepada pelanggan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4
BERITA TERKAIT
BACA JUGA