Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 13 Agu 2020 07:43 WIB

TRAVEL NEWS

Studi: Jalan Santai di Pantai Bisa Bikin Mentalmu Lebih Sehat

Putu Intan
detikTravel
Sandy toes and feet of two women relaxing on chaise lounge chairs while enjoying a tranquil beach vacation. Idyllic Tropical beach resort scene of two women sunbathing
Ilustrasi wisata di pantai (Thinkstock)
Jakarta -

Ilmuwan menemukan fakta jalan-jalan santai di pantai dapat meningkatkan kesehatan mental. Bahkan, orang yang tinggal di dekat pantai pun disebut lebih bahagia.

Peneliti dan psikolog menyebut, suasana hati (mood) manusia dapat membaik jika ia bepergian ke alam. Salah satunya termasuk berjalan-jalan di pantai.

Hal itu disebut dalam studi terbaru yang dilakukan Barcelona Institute for Global Health. Dari hasil studi itu dijelaskan bahwa jalan-jalan singkat di pantai bermanfaat untuk kesehatan mental dan melawan depresi.

Sebelumnya, sebuah studi menyebut kegiatan ini sebagai blue spaces (ruang biru) yang dapat menjadi kunci untuk kualitas hidup yang lebih baik. Bahkan dikatakan pula, orang yang tinggal di dekat pantai ternyata hidupnya lebih bahagia daripada di perkotaan.

Dilansir dari Metro, peneliti mendapatkan hasil tersebut lewat studi pada 60 responden sebelum, selama, dan setelah menghabiskan waktu selama 20 menit di lingkungan yang berbeda-beda. Penelitian ini berlangsung selama 3 minggu dimana pada minggu pertama responden diminta berjalan di pantai, minggu kedua berjalan di jalanan kota, dan minggu ketiga beristirahat di dalam ruangan.

Turis liburan di Pantai Kuta, Bali Foto: Afif Farhan

Kemudian peneliti mengukur tekanan darah dan detak jantung responden dengan mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan suasana hati mereka. Hasilnya, berjalan-jalan di pantai tidak memberikan dampak besar bagi kerja jantung tetapi para responden memiliki suasana hati yang lebih baik dibandingkan dengan kegiatan lainnya.

Namun tim peneliti ini mengatakan bahwa temuan tersebut masih membutuhkan studi lebih lanjut. "Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa manfaat psikologis dari aktivitas fisik bervariasi sesuai dengan jenis lingkungan dimana aktivitas itu dilakukan, dan bahwa ruang biru lebih baik daripada ruang perkotaan," kata koordinator penelitian Dr. Mark Nieuwenhuijsen.

"Secara khusus, setelah berjalan-jalan singkat di pantai Barcelona, responden melaporkan peningkatan suasana hati, vitalitas, dan kesehatan mental mereka," ia melanjutkan.

Saat ini sekitar 55 persen populasi dunia tinggal di kota. Jadi manfaat dari ruang biru mungkin menjadi bagian integral dari kesejahteraan orang di dunia secara keseluruhan.

Traveler dapat mencoba berjalan-jalan di pantai untuk membantu memperbaiki kesehatan mental terutama pada saat traveler merasa gelisah menghadapi ketidakpastian. Saat ini, traveler dapat berwisata ke pantai dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan.



Simak Video "Bangun Kebahagiaan Anak Selama Pandemi COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA