Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 18 Agu 2020 08:11 WIB

TRAVEL NEWS

Traveler, Andai Sudah Memungkinan Nanti Pergilah ke Luar Negeri

Rizka Elfira
detikTravel
Agustinus Wibowo
Penulis buku-buku traveling Agustinus Wibowo (dok. pribadi)
Jakarta -

Penulis buku-buku traveling Agustinus Wibowo mengajak traveler Indonesia untuk mengunjungi negara lain. Itu agar lebih objektif melihat Indonesia.

Agustinus yang menuangkan perjalanannya ke sejumlah negara dalam Garis Batas, Selimut Debu, dan Titik Nol berbagi pengalaman travelingnya lewat IGLive detikTravel akhir pekan lalu. Dia menyebut gairah backpaker-an warga Indonesia sudah meningkat drastis dibandingkan saat awal tahun 2000-an.

Berkaca pengalamannya mendatangi China, Pakistan, Afganistan, Belanda, dan Suriname, Agustinus berharap traveler asal Indonesia bisa menjelajah ke negara-negara lain.

"Traveling itu penting ya. Kalau kita ingin memahami bangsa kita bukan berarti cinta Indonesia lalu kita enggak perlu ke luar negeri, kita travelingnya di Indonesia aja. Bukan, kalau kita enggak pernah keluar justru kita menjadi katak dalam tempurung," kata Agus.

"Dan, kalau kita menjadi katak dalam tempurung kita enggak akan pernah paham apa sih konflik-konflik kita, kenapa sih kita jadi seperti gini, kita enggak akan pernah paham," dia menambahkan.

"Justru kita keluar negeri supaya kita enggak menjadi katak dalam tempurung dan supaya kita bisa melihat negara kita bangsa kita dari sudut pandang yang baru dan itu justru akan lebih meningkatkan kecintaan kita bagi bangsa dan negara," dia menegaskan.

Perjalanan itu terinspirasi oleh salah satunya adalah teman di kampusnya, di Universitas Tsinghua di Beijing. Teman kuliah Agus itu adalah warga negara Jepang dan tidak bisa berbahasa Inggris, apalagi Indonesia. Tapi, dia malah bisa menjelajahi Indonesia, bahkan ke daerah terpencil selama tiga bulan.

Pengalaman teman dari Jepang itu membuat Agus berpikir bahwa traveling tidak sesusah yang dibayangkan. Apalagi, saat ini sudah cukup banyak tersedia informasi tentang sebuah destinasi dan tips perjalanannya.

Saat ini, Agus sedang menggarap buku barunya. Buku tersebut dari perjalanan Agustinus Wibowo dari Belanda, Suriname, Aceh, Toraja, dan perbatasan papua-Papua Nugini.



Simak Video "InstaTalk! Agustinus Wibowo: Cinta Indonesia dari Traveling"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA