Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 20 Agu 2020 07:11 WIB

TRAVEL NEWS

Haru! Simpanse Kecil yang Ditolak Induknya Temukan Keluarga Baru

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Simpanse
Bayi simpanse temukan induk haru.(Bioparc Valencia)
Jakarta -

Seperti manusia, bayi simpanse membutuhkan kasih sayang dan perhatian dari induknya. Tapi, simpanse kecil ini tak bisa hidup bersama ibunya.

Dikutip dari Bored Panda oleh detikcom, seekor simpanse ditelantarkan induknya saat masih bayi pada tahun 2019, padahal dia masih sangat membutuhkan perhatian kala itu. Alhasil, terpaksa, simpanse bernama Djibril di kebun binatang di Malaga, Spanyol, Bioparc Fuengirola harus bertahan untuk hidup sendiri.

SimpanseSimpanse Foto: (Bioparc Valencia)

Ibunya bernama Kika, seekor simpanse yang sebelumnya sering tampil di sebuah sirkus, dia pun diselamatkan oleh pihak kebun binatang dari pemilik yang kasar. Kika tak pernah tahu bagaimana menjadi keibuan dan akhirnya meninggalkan anaknya setelah lahir.

Penjaga kebun binatang merasa harus menemukan simpanse lain yang bisa membesarkan Djibril, memberikan apa yang tidak bisa manusia berikan kepadanya.

SimpanseSimpanse Foto: (Bioparc Valencia)

Namun akhirnya, kisah ini berakhir bahagia, sebuah kebun binatang Bioparc Valencia menemukan ibu angkat bagi Djibril, yaitu Eva saat usianya menginjak 16 bulan. Dia pun diperkenalkan ke lingkungan yang baru dan menjalani proses adaptasi yang tidak mudah.

Awalnya dia dikenalkan dengan seekor ibu angkat yang ternyata menolaknya. Tapi akhirnya, simpanse lain dari kelompok tersebut, Eva menerimanya. Dia membawa Djibril dengan tangannya, menunjukkan perlindungan dan perhatian, padahal dia belum memiliki anak.

SimpanseSimpanse Foto: (Bioparc Valencia)

Setahun setelah kedatangannya di kebun binatang Bioparc Valencia, Djibril bisa beradaptasi dan menemukan keluarga barunya.

Menurut WWF, Djibril merupakan spesies yang terancam punah di lingkungan alaminya. Simpanse telah hilang di empat negara dan sedang berada di bawah tekanan yang luar biasa di tempat mereka tinggal.

Kolaborasi antara Bioparc Fuengirola dan Valencia dalam mempertemukan Djibril dengan keluarga barunya akan berkontribusi dalam melestarikan subspesies ini.



Simak Video "Pedagang di Peru Sumbang Makanan ke Kebun Binatang"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA