Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 23 Agu 2020 05:01 WIB

TRAVEL NEWS

Selamat! Panda Raksasa Tertua di AS Punya Anak

Panda pertama di Korea Selatan
Ilustrasi panda. Foto: (Everland)
Washington -

Panda raksasa Mei Xiang melahirkan anaknya pada Jumat (21/8/2020) di Kebun Binatang Nasional Amerika Serikat, Washington. Kelahiran bayi panda itu disambut haru lantaran ada perjuangan panjang Mei Xiang di baliknya.

Mei Xiang merupakan panda berusia 22 tahun dan juga yang tertua di dunia. Ia berhasil melahirkan anak di usianya yang tak lagi muda. Bahkan, kemungkinannya kecil baginya untuk mampu dan selamat dari proses persalinan itu.

"Panda raksasa adalah simbol internasional dari satwa liar yang terancam punah dan harapan, dan dengan kelahiran anak yang berharga ini, kami sangat senang memperlihatkan kepada dunia momen kegembiraan murni ini," kata Direktur Kebun Binatang Steve Monfort seperti diwartakan South Morning China Post.

"Mei Xiang segera menggendong dan merawat anaknya," kata pihak kebun binatang dalam sebuah pernyataan.

"Tim yang mengurus panda itu juga mendengar suara si bayi," ia melanjutkan.

[Gambas:Instagram]

Kebun binatang itu baru minggu ini memperlihatkan jabang bayi yang dikandung Mei Xiang melalui ultrasound dan diposting secara online. Berita kehamilan Mei Xiang ini langsung menyita perhatian pecinta hewan dan tak sabar menunggu momen kelahiran sang bayi.

Para ilmuwan di kebun binatang sendiri pertama kali mendeteksi jaringan janin pada minggu lalu. Sebelumnya, Mei Xiang diinseminasi secara artifisial pada bulan Maret dengan sperma yang sebelumnya dibekukan.

Upaya ini kembali dilakukan karena sebelumnya Mei Xiang gagal hamil. Kendati sempat gagal, usaha tetap dilakukan menjelang masa akhir siklus reproduksi panda tersebut.

"Kami tahu, kemungkinannya kecil ia memiliki anak,"kata Monfort.

"Namun, kami ingin memberinya satu lagi kesempatan untuk berkontribusi pada kelangsungan hidup spesiesnya," ujarnya.

Mei Xiang tercatat sebagai panda raksasa tertua di AS yang berhasil melahirkan anaknya. Sementara panda raksasa tertua di dunia berhasil melahirkan anaknya di China saat usia 23 tahun.

Mei Xiang melahirkan di kandang sempit namun pengelola kebun binatang menyebut bahwa hal itu wajar dilakukan sebab di alam liar pun, panda melahirkan di sarang yang sempit.

"Mereka tinggal di kandang ini selama sekitar 100 hari pertama (usai melahirkan)," kata kebun binatang itu melalui postingan di Instagram.

Karena pandemi COVID-19, para ahli kebun binatang menerapkan tindakan pencegahan khusus untuk mengurangi kontak selama proses persalinan dilakukan.

Panda telah ditetapkan sebagai satwa langka dan dilindungi oleh International Union for Conservation of Nature. Saat ini, penghijauan hutan terus dilakukan agar panda dapat bertahan hidup di habitat aslinya. Hingga sekarang diperkirakan ada sekitar 1800 panda raksasa di dunia.



Simak Video "Cara Bayi Panda Dibesarkan di Pusat Penelitian China"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA