Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 15 Sep 2020 18:45 WIB

TRAVEL NEWS

Alat Musik Tifa: Sejarah, Bunyi, dan Fungsi Lengkap

Puti Yasmin
detikTravel
alat musik tradisional papua tifa
Foto: istimewa/Alat Musik Tifa: Sejarah, Bunyi, dan Fungsi Lengkap
Jakarta -

Indonesia terdiri dari berbagai daerah dari Sabang sampai Merauke. Setiap daerahnya pun memiliki kesenian khas, seperti alat musik tifa dari Indonesia Timur.

Alat musik ini memiliki ukiran motif khas pada bagian badannya. Ternyata, ukiran tersebut menjadi tanda status pemilik dari tifa, apakah pakas anem (kepala suku) atau masyarakat biasa.

Selain itu, ukiran tersebut juga umumnya menceritakan hal-hal seputar kehidupan serta rasa syukur dan sang pembuatnya.

Berikut sejarah alat musik tifa:

Sejarah Alat Musik Tifa

Tifa pada dasarnya bisa ditemukan di Papua dan di Tanah Maluku. Hanya saja, terdapat perbedaan mencolok, dari bentuk antara Tifa dari Papua dan Maluku. Bila mana, Papua terdapat pegangan di sisinya, Tifa Maluku hanya berbentuk tabung biasa tanpa pegangan.

Terdapat tiga jenis alat musik ini, yakni Tifa Jekir, Tifa Potong, Tifa Dasar, dan Tifa Bas. Semua jenis tersebut ditentukan berdasarkan asal daerah dan ciri khas masing0masing.

Tifa sendiri terbuat dari sebatang kayu yang dikosongkan isinya. Bahan dasar yang tifa adalah kayu Lenggua karena dinilai memiliki kualitas yang sangat baik, tebal dan kuat.

Setelah dikosongkan bagian dalam kayunya, salah satu sisi tifa akan ditutup dengan kulit hewan, baik biawak soa-soa, hingga rusa. Setelah itu, kulit akan diikat dengan rotan secara melingkar.

Bunyi Alat Musik Tifa

Cara memainkan alat musik Tifa adalah dengan cara ditabuh atau dipukul sehingga suara yang dihasilkan sama seperti gendang. Hanya saja, ukuran tifa dan cara mengikat kulit hewan sebagai penutup memengaruhi setiap jenis suara yang akan dihasilkan.

Semakin kering lapisan kulit hewan yang digunakan, maka semakin indah suara yang akan dikeluarkan dari tifa.

Fungsi Alat Musik Tifa

Alat musik ini digunakan untuk mengiringi berbagai acara penyambutan di Papua, pesta adat, hingga tari-tarian khas, seperti Perang, Asmat, Gatsi, dan tari tradisional lainnya.

Alat musik tifa biasanya menjadi bunyi pendukung dari alat musik yang lain atau dikenal sebagai musik pengiring. Dengan begitu, suara yang dihasilkan akan lebih indah didengar.



Simak Video "Viral Bocah Papua Nangis Ingin Ikut Prajurit TNI"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA