Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 17 Sep 2020 19:15 WIB

TRAVEL NEWS

Patung Kayu Melania Trump Hangus, Kini Muncul Versi Perunggu

Putu Intan
detikTravel
Patung Melania Trump
Patung Melania Trump dari perunggu. (Foto: AP)
Ljubljana -

Berkaca dari hangusnya patung Melania Trump yang terbuat dari kayu, kini Slovenia memamerkan patung Melania yang terbuat dari perunggu.

Patung perunggu yang merepresentasikan ibu negara Amerika Serikat (AS) Melania Trump dipamerkan di hadapan publik Slovenia pada Selasa (15/9/2020). Patung ini didirikan sebagai pengganti patung kayu yang hangus dibakar pada Juli lalu.

Patung tersebut merupakan replika dari patung aslinya yang dibuat seniman AS, Brad Downey. Peletakannya pun di tempat yang sama, yakni kampung halaman Melania di Sevnica.

"Kami di sini, hari ini karena kami menempatkan kembali patung Melania ke tempat dibakar dan untuk memperingati patung yang dibakar," kata seniman Slovenia, Marko Vivoda sebagaimana diwartakan Associated Press.

Patung Melania TrumpPatung Melania Trump. Foto: AP

Di sebelah patung perunggu itu terdapat sebuah lempengan yang bertuliskan,"didedikasikan untuk kenangan abadi sebuah monumen Melania yang berdiri di lokasi ini."

Sebelumnya, patung Melania Trump yang terbuat dari kayu itu dibakar demonstran Black Lives Matter tepat pada peringatan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat (AS), 4 Juli 2020. Pembakaran itu menyebabkan wajah patung kabur dan warna biru yang menggambarkan mantel Melania Trump tak nampak lagi.

Patung Melania TrumpPatung Melania Trump. Foto: AP

Sebenarnya patung Melania Trump didirikan dengan tujuan membuka dialog termasuk mengenai perdebatan sengit tentang imigran. Melania Trump dianggap sebagai representasi imigran karena ia seorang model yang lahir di Slovenia pada 1970 ketika negara itu masih menjadi bagian dari Yugoslavia. Ia kemudian pindah ke AS pada 1990-an.

Sejak terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden AS pada 2016, turis ramai berdatangan ke Sevnica untuk lebih mengenal sosok Melania Trump. Diwartakan BBC, penduduk sekitar juga membuat berbagai barang menggunakan nama Melania, antara lain sandal, kue, dan burger mirip Melania lengkap dengan keju yang menyerupai bentuk rambutnya.

(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA