Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 18 Sep 2020 21:27 WIB

TRAVEL NEWS

Hiking di Sentul Ala Sophia Latjuba dan Wulan Guritno, Berapa Duit Sih?

Femi Diah
detikTravel
Curug-curug di kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat sedang menjadi primadona traveler. Hiking di Sentul itu justru naik daun saat pandemi virus Corona.
Curug-curug di Sentul menjadi salah satu spot hiking. (Grandyos Zafna/detikFOTO)
Jakarta -

Hiking di Sentul dengan rute yang bervariasi dan biasanya finis di air terjun sedang naik daun. Berapa tarif untuk hiking dengan didampingi guide dari operator?

Sejumlah operator menawarkan berbagai rute hiking di Sentul, Bogor, Jawa Barat untuk pelesiran di lokasi yang tak jauh dari Jakarta. Sebagai gambaran Jakarta Trekking Sentul memiliki lebih dari sepuluh rute pilihan, dari level yang relatif mudah dan pendek, menengah, hingga ekstrem dan jarak jauh.

"Yang paling favorit rute Cigobang karena rute ini pas untuk pemula dan sangat bervariasi. Ada hutan pinus, bukit, dan air terjun," kata Robi Darmawan, pendiri Jakarta Trekking Sentul, dalam perbincangan dengan detikTravel.

Untuk menjadi peserta hiking, Jakarta Trekking Sentul mematok harga Rp 150 ribu per kepala. Operator yang dibangun oleh penduduk lokal Karangtengah, Babagan Madang, Sentul itu tak membatasi jumlah peserta hiking dalam satu tim.

Andai lebih dari empat orang, nantinya operator bakal membagi ke dalam beberapa kelompok dengan masing-masing grup berisi 3-4 orang. Masing-masing kelompok itu akan didampingi satu guide. Itu agar tetap tercipta jaga jarak saat pandemi virus Corona.

Sementara itu, Sentul Hill Tracking menawarkan nominal yang bervariatif, sesuai usia traveler dan rute yang dipilih.

[Gambas:Instagram]



"Untuk dewasa Rp 125 sedangkan anak-anak di bawah usia 10 tahun dipatok harga Rp 50 ribu," kata Agus Mulayana, salah satu pengelola Sentul Hill Tracking.

Harga itu untuk hiking di Sentul dan finis di satu curug alias air terjun yang ada di kawasan Karangtengah, Babagan Madang, Bogor, Jabar Andai traveler memilih untuk bermain-main di lebih dari satu curug, Sentul Hill Tracking memberikan harga Rp 150 ribu.

Sentul Hill Tracking membagi rute menjadi tiga menyebut ada enam curug yang bisa dipilih oleh traveler sebagai titik finis. Yakni, Curug Kencana, Curug Love, Curug Kembar Cieberem, Curug Horden, Curug Ciburial, atau Leuwi Hejo.

Indonesia Trail Walker yang ada di bawah naungan Sebex mematok harga lebih tinggi untuk satu kali trip per orang. Yakni, Rp 200 ribu per orang.

Biaya yang ditetapkan tiga operator untuk hiking di Sentul itu digunakan untuk membayar tiket masuk lokasi wisata, guide, dan parkir.

"Untuk dokumentasi kami akan membantu tapi tidak menyediakan tenaga terlatih," ujar Robi.

Salah satu guide Indonesia Trail Walker, Arman, bilang andai pelancong ingin didampingi fotografer dan akan ada biaya tambahan.

"Kalau membutuhkan fotografer khusus, biaya hiking di Sentul per orang Rp 350 ribu dengan minimal lima peserta," kata Arman.

Menilik detail biaya itu, Robi menyarankan agar traveler membawa bekal makanan dan minuman sendiri. Juga, P3K pribadi.



Simak Video "Liburan di Kuntum Farm Field, Bogor"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT