Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 21 Sep 2020 13:44 WIB

TRAVEL NEWS

Wisatawan di Bazoga Anjlok 70 Persen Saat AKB dan PSBB

Siti Fatimah
detikTravel
Bandung Zoological Garden (Bazoga).
Bandung Zoological Garden (Bazoga) sepi pengunjung saat AKB (Siti Fatimah/detikTravel)
Bandung -

Penerapan adaptasi kebiasaan baru (AKB) di Bandung yang diperketat berpengaruh pada sektor pariwisata di Kota Bandung. Salah satunya, Kebun Binatang atau Bandung Zoological Garden (Bazoga).

Pada akhir pekan lalu, kunjungan wisatawan Bazoga menurun hingga 70 persen jika dibandingkan dengan akhir pekan sebelum AKB diperketat. Selain itu, ada dampak dari penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Jakarta diberlakukan.

"Ada pengaruhnya hari Minggu (20/9) kemarin hanya masuk 30-35 persen dari kunjungan normal. Sama hari biasa 35 persen. Kapasitas pengunjung biasa hari Minggu lima ribuan kemarin hanya sekitar seribuan," kata Manajemen Communication Bazoga Sulhan Syafi'i saat dihubungi detikcom, Senin (21/9/2020).

Sulhan menyebut kekhawatiran masyarakat untuk berwisata juga semakin meningkat bersamaan dengan kasus COVID-19 di Bandung.

"Orang-orang banyak yang nanya ke kita buka atau tidak. Karena mereka ragu-ragu dan imbasnya Maret 2020 awal kemarin tutup. Mungkin keraguan itu ada, ada juga yang ingin diam di rumah," tutur Sulhan.

Meskipun tingkat kunjungan wisatawan pada destinasi wisata Bandung menurun, Bazoga tetap memberlakukan protokol kesehatan secara ketat seperti pengecekan suhu, cuci tangan dengan air mengalir, dan jaga jarak saat pembelian tiket.

"Kita ada pengumuman sejam sekali diumumkan patuhi protokol kesehatan. Di pintu masuk ada security dan penjaga untuk cek make masker dan cuci tangan," ujarnya.

Dia mengatakan selama di dalam area Bazoga dengan luas sekitar 14 hektar pengunjung wajib menggunakan masker kecuali saat sedang sendiri atau sedang makan.

"Mau datang silahkan. Mohon patuhi protokol kesehatan dan wajib mengukur suhu. Di dalam juga wajib masker kecuali mereka sendiri di titik tertentu," ujarnya.

Hingga saat ini, beberapa fasilitas masih ditutup seperti area permainan, foto dengan satwa, tunggang satwa dan area tempat makan.

"Food court masih tutup kecuali satu makanan cepat saji, permainan tutup, foto dengan tidak boleh kecuali dengan burung makan dan itu tidak boleh dipegang, tunggang satwa di Bazoga masih tutup. Kita hindari kontak dengan pengunjung," kata dia.



Simak Video "Cerita Kembar di Sukabumi yang Dikeroyok Gegara Sebut 'Cicing Sia!'"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA