Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 20 Okt 2020 07:41 WIB

TRAVEL NEWS

Ternyata Sapi Lebih Suka Ngobrol Langsung dengan Manusia, Manfaatnya?

6 Sapi Warga Satu Kampung di Jombang Dicuri dalam Semalam, Korban Rugi Rp 96 Juta
Ilustrasi sapi (Foto: Enggran Eko Budianto/detikcom)
Studi terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Psychology ini menunjukkan bahwa sapi lebih suka mendengarkan manusia secara langsung.

Peneliti mempelajari kawanan 28 ekor sapi muda. Mereka membandingkannya dengan membelai hewan sambil memutar rekaman suara seseorang dan berbicara dengan secara langsung.

"Saat rileks dan menikmati interaksi, hewan-hewan tersebut akan sering menjulurkan lehernya seperti saat seseorang didandani," kata Lange.

"Selain itu, posisi telinga diperkirakan dapat menunjukkan suasana hati, telinga menggantung dan posisi telinga yang rendah tampaknya terkait dengan relaksasi," imbuh dia.

Perilaku dan tanda fisiologis sapi menunjukkan bahwa hewan memiliki reaksi positif terhadap rekaman dan pembicaraan langsung.

Tetapi detak jantung mereka lebih rendah setelah hewan diajak bicara secara langsung. Itu menunjukkan bahwa hewan tersebut memiliki pengalaman yang lebih positif dan lebih rileks setelah berbicara secara langsung.

Lange mengatakan temuan itu dapat membantu meningkatkan hubungan antara sapi dan manusia, aspek penting dari kesejahteraan hewan. Dia menambahkan bahwa penelitian lain menunjukkan bahwa sapi yang kurang takut terhadap manusia juga menghasilkan lebih banyak susu.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Usai Temuan Antraks, Hampir Semua Sapi di Sidomulyo Tulungagung Divaksin"
[Gambas:Video 20detik]

(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA