Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 23 Okt 2020 06:41 WIB

TRAVEL NEWS

Boeing Tunjukkan 4 Cara Ampuh Bunuh Virus Corona di Pesawat

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Boeing sementara akan menutup sementara pabriknya di Washington untuk mengurangi penyebaran virus corona (COVID-19). Penutupan berlangsung selama 14 hari.
Boeing (Foto: AP/Ted S. Warren)
Jakarta -

Boeing dan Universitas Arizona menunjukkan cara ampuh membunuh virus Corona dan teman-temannya. Pengujian ini dilakukan di dalam pesawat yang sudah dikosongkan sebelumnya.

Ada empat cara dari hasil pengujian itu. Apa saja itu?

Pemaparan Boeing Clean Air Program yang termasuk dalam program Confident Travel Initiative (CTI) ini dilakukan secara virtual, Kamis (22/10/2020). Pabrikan pesawat asal Paman Sam ingin menunjukkan teknologi yang terbukti ampuh membasmi COVID-19.

Pengujian dilakukan di dalam pesawat Boeing yang kosong dengan virus yang aktif sepanjang musim panas, dikenal sebagai sebagai MS2. Dan Fakultas Sains Lingkungan Hidup di Universitas Arizona yang menyimpulkan adanya korelasi hasil pengujian tersebut dengan virus SARS-CoV-2.

"Meski solusi kebersihan tersebut telah teruji di lingkungan lain, pesawat terbang memiliki karakteristik yang berbeda. Oleh karena itu penting bagi kami untuk melakukan evaluasi dan konfirmasi bahwa bahan kimia dan teknik yang kami rekomendasikan untuk digunakan ke pelanggan kami adalah efektif dan teruji secara nyata," kata Mike Delaney, yang memimpin upaya CTI Boeing.

Dikatakan bahwa virus bakteriofag MS2, adalah virus yang aman dan tidak berbahaya bagi manusia. Namun, virus ini lebih sulit dibasmi dibandingkan dengan SARS-CoV-2.

Cara Boeing basmi virus4 cara Boeing basmi virus dan kuman di pesawat (Foto: Boeing)

"Kajian ilmiah telah menggunakan virus MS2 selama bertahun-tahun, namun belum pernah diuji di dalam kabin pesawat terbang. Penelitian ini merupakan pengujian dan validasi, yang pertama, dimana solusi disinfektan teruji dapat memusnahkan SARS-CoV-2 pada pesawat terbang," ungkap dr. Charles Gerba, ahli mikrobiologi dari Universitas Arizona.

"Perlu dicatat bahwa kita tidak hanya berbicara mengenai SARS-CoV-2 saja, namun juga virus dan mikroorganisme lainnya," imbuh dia.

Pengujian menggunakan MS2 ini ditempatkan di titik-titik dengan tingkat sentuhan tinggi. Titik sentuhannya meliputi meja lipat, pegangan kursi, bantal, bagasi, toilet, dan dapur atau galley.

Boeing membasmi MS2 menggunakan tongkat ultraviolet dan lapisan antimikrobial. Lapisan antimikrobial adalah pelapis tahan lama yang berfungsi menghancurkan kuman dan virus pada permukaan.

Jadi, Boeing menggunakan empat metode atau teknik untuk membersihkan kabinnya. Teknik itu yakni chemical disinfectans, electrostatic sprayer, antimicrobial coating, dan ultraviolet wand.

Boeing dan Universitas Arizona terus menguji metode kebersihan yang direkomendasikan di dalam laboratorum untuk melawan SARS-CoV-2 dan virus serupa lain untuk dapat melakukan validasi lebih lanjut terhadap keampuhannya.



Simak Video "Tips Aman Berkegiatan Sehari-hari Agar Bebas Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA