Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 05 Nov 2020 12:53 WIB

TRAVEL NEWS

Tanaman Paling Mematikan Sedunia di Maluku dan Biaya Umroh 2020

Tim detikcom
detikTravel
Gympie-gympie, pohon beracun dari australia
Gympie-gympie (Institute for Molecular Bioscience, University of Queensland)
Jakarta -

Indonesia memang diberkahi keberagaman alam yang luar biasa. Bahkan di Maluku, ada tanaman yang disebut paling mematikan di dunia.

Namanya adalah Gympie-gympie, nama latinnya Dendrocnide moroides. Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Gympie-gympie bukanlah pohon biasa.

Dijuluki sebagai pohon menyengat, Gympie-gympie begitu spesial. Gympie-gympie dapat ditemukan di hutan hujan tropis Maluku dan Australia. Gympie-gympie bisa tumbuh hingga ketinggian 2 meter. Buahnya berwarna ungu.

Daunnya berbentuk hati dengan lebar bisa mencapai 50 cm. Nah, daun Gymie-gympie inilah yang berbahaya. Sebab, permukaan daun Gympie-gympie memiliki ribuan duri yang menyengat.

Duri tersebut panjangnya 5 mm, sudah begitu memiliki racun moroidin. Menurut peneliti racun dari Gympie-gympie dapat membunuh anjing, kuda, dan manusia.

Duri di permukaan daun Gympe-gympe bakal bereaksi andai tersentuh. Duri itu bakal menancap ke kulit traveler dan racun pun masuk ke tubuh. Efeknya, pertama-tama kulit yang bersentuhan terasa panas, ruam, mimisan, hingga semakin panas yang tak tertahankan.

Gejala ini akan terus memburuk setiap harinya. Menurut pengakuan dari orang yang berhasil selamat, rasa sakit yang diberikan oleh Gympie-gympie ini serasa disiram air cuka dan disetrum secara bersamaan.

Rasa sakit yang ditimbulkannya awet hingga bertahun-tahun. Rasa sakit itu bahkan sampai bikin mereka yang bersentuhan ingin mengakhiri hidup!

Bahkan, katanya lebih baik bunuh diri dari pada sampai terkena racun dari Gympie-gympie. Ini mengapa tumbuhan satu ini disebut juga suicidal plant atau tanaman bunuh diri.

Meski tak bersentuhan, Gympie-gympie juga bisa menyiksamu jika berada terlalu dekat. Rambut-rambut halus yang berada di permukaan daun bisa terbang dan masuk ke dalam hidung saat kamu bernapas. Hasilnya, kamu bisa bersin hingga mimisan.

Itulah berita detikTravel terpopuler hari Rabu kemarin (4/11/2020). Kemudian ada juga biaya umroh tahun 2020 yang jumlahnya mencapai Rp 30 juta.

Berikut berita detikTravel terpopuler lengkapnya:



Simak Video "New York Akan Vaksinasi 1 Juta Orang pada Januari 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA