Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 06 Nov 2020 17:01 WIB

TRAVEL NEWS

Terbang dari Bandara Soekarno-Hatta ke Manado PP Saat Pandemi

Agung Pambudhy
detikTravel
Penerbangan Jakarta-Bali New Normal
Ilustrasi Bandara Soekarno Hatta (Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)
Jakarta -

Terbang naik pesawat saat pandemi virus Corona berbeda ketimbang periode biasa. Butuh waktu lebih lama untuk mengecek kelengkapan dokumen.

Pengalaman itu didapatkan detikTravel saat terbang pada cuti bersama akhir Oktober 2020. Waktu itu, penerbangan dimulai dari Bandara Soekarno Hatta dan mendarat di Bandara Sam Ratulangi, Manado, pada 27 Oktober. Kemudian dari bandara ke Jakarta yang sama dua hari kemudian pada 29 Oktober.

detikTravel memilih penerbangan Selasa dini hari dengan tiba di Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 03.00 WIB. Jadwal penerbangan waktu itu take off pada pukul 04.30 WIB.

Beruntung detikTravel tiba 1,5 jam lebih awal. Sebab, detikTravel sempat keliru mengira penerbangan dari Terminal 1C. Rupanya, Citilink, yang ditumpangi detikTravel, terbang dari terminal 3. Begitu pula dengan Garuda Indonesia dan Batik Air, serta pesawat internasional.

Sudah begitu, ternyata ada prosedur tambahan untuk terbang di saat pandemi virus Corona di Bandara Soekarno-Hatta. Di Terminal 3 itu detikTravel dan penumpang lain diminta untuk menunjukkan hasil swab atau rapid test COVID-19 dan KTP, serta sedikit wawancara soal aktivitas terakhir di Jakarta dan rencana di tempat tujuan oleh petugas dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

Dalam proses ini, traveler menunjukkan aplikasi eHac yang dikelola oleh Kementerian Kesehatan. Aplikasi ini bisa diunduh lewat Playstore. Fungsinya, untuk memantau mobilitas dan status kesehatan traveler saat bepergian antarkota dan antarnegara. Di awal pandemi, aplikasi ini masih berupa kartu kuning.

Jika semua persyaratan itu lengkap, petugas bakal memvalidasinya dengan tanda tangan dan cap. Setelah proses itu berhasil dilalui, barulah traveler diizinkan memasuki tempat check in.

Check In

Sebelum check in, traveler akan dicegat oleh petugas KKP lagi. Di sini, calon penumpang kembali ditanyai kelengkapan dokumen yang sudah divalidasi oleh petugas sebelumnya. Setelah berhasil menunjukkan kelengkapan itu, barulah traveler bisa memproses boarding pass.

Untuk memasuki ruang tunggu di bandara, traveler akan kembali menjumpai petugas. Di fase ini, sekali lagi, traveler dimintai bukti rapid test atau swab. Barulah kemudian diizinkan masuk ke ruang tunggu penumpang.

Di masa pandemi ini, traveler tidak bisa duduk sembarangan di ruang tunggu Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Sebab, kursi sudah ditandai bagian yang bisa diduduki dan tidak. Itu untuk menjaga social distancing.

Selanjutnya: Di Dalam Pesawat

Selanjutnya
Halaman
1 2

BERITA TERKAIT
BACA JUGA