Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 13 Nov 2020 11:04 WIB

TRAVEL NEWS

Presiden Turkmenistan Buat Patung Anjing Raksasa dari Emas Setinggi 6 Meter

Saking sayang dengan anjing peliharaannya, Presiden Turkmenistan Gurbanguly Berdymukhamedov membuat patung anjing raksasa setinggi 6 meter di ibu kota.
Patung anjing raksasa dari emas di Ashgabat, Turkmenistan Foto: BBC
Ashgabat, Turkmenistan -

Saking sayang dengan anjing peliharaannya, Presiden Turkmenistan Gurbanguly Berdymukhamedov membuat patung anjing raksasa setinggi 6 meter di ibu kota Ashgabat.

Patung itu menurut BBC, Jumat (13/11/2020), terbuat dari emas. Patung berdiri di atas alas berukuran sembilan meter yang memiliki layar video.

Anjing yang dijadikan patung adalah anjing Alabay, anjing gembala Asia Tengah dari Turkmenistan. Anjing ini tergolong istimewa bagi Turkmenistan dan terdaftar dalam warisan nasional negara itu. Saat patung itu diresmikan, terlihat ada seorang anak menggendong anak anjing.

Ini bukan pertama kalinya anjing jenis ini dihormati oleh presiden, tahun lalu dia mengabdikan sebuah buku untuk Alabay.

Terlepas dari kemegahan patung itu, banyak penduduk Turkmenistan yang miskin. Negara ini menempati peringkat salah satu yang paling tidak bebas di dunia oleh organisasi kebebasan pers RSF, satu tingkat di atas Korea Utara.

Patung itu terletak di kawasan perumahan yang dirancang untuk pegawai negeri, menurut Eurasianet. Patung dilengkapi fitur layar LED yang memutar rekaman video dari anjing dalam berbagai situasi. Tidak jelas berapa biaya pembuatan patung itu.

Namun media pemerintah menuliskan patung itu mencerminkan kebanggaan dan kepercayaan diri.

Berdymukhamedov sering kali berbicara tentang kecintaannya pada kuda Ahal Teke lokal, yang dikenal karena kecantikan dan staminanya.

Saking sayang dengan anjing peliharaannya, Presiden Turkmenistan Gurbanguly Berdymukhamedov membuat patung anjing raksasa setinggi 6 meter di ibu kota.Patung anjing raksasa dari emas di Ashgabat, Turkmenistan, terlihat kontras dengan suasana putih yang menjadi warna khas Turkmenistan Foto: BBC

Berdymukhamedov kadang-kadang memberikan kuda atau anak anjing kepada para pemimpin negara sahabat, dan di antara penerima hadiah tersebut adalah mendiang Presiden Uzbekistan Islam Karimov, Vladimir Putin dari Rusia, dan emir Qatar.

Berdymukhamedov dikritik karena penanganannya terhadap anjing yang dia berikan kepada Putin setelah video insiden itu menjadi viral pada 2017. Dia memegang anak anjing itu di leher dan mengangkatnya ke udara.

(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA