Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 30 Nov 2020 19:13 WIB

TRAVEL NEWS

Kendaraan Pribadi Favorit Traveler untuk Liburan Akhir Tahun

Indonesian police check a car passenger at a checkpoint during the imposition of large-scale restriction to curb the spread of the new coronavirus outbreak on a toll road in Cikarang, West Java, Indonesia, Friday, April 24, 2020. Indonesia is suspending passenger flights and rail service as it restricts people in the worlds most populous Muslim nation from traveling to their hometowns during the Islamic holy month of Ramadan because of the coronavirus outbreak. (AP Photo/Achmad Ibrahim)
Ilustrasi liburan dengan kendaraan pribadi menjadi favorit. (AP/Achmad Ibrahim)
Jakarta -

Momen liburan akhir tahun sudah di depan mata. Faktanya, kendaran pribadi masih jadi moda transportasi andalan.

Fakta itu pun terungkap dalam survei terbaru Pegipegi bertajuk perilaku traveling akhir tahun masyarakat Indonesia yang dilaksanakan oleh Pegipegi pada 9 - 16 November 2020. Dilihat detikTravel, Senin (30/11/2020), hampir 50% responden mengaku merasa aman menggunakan mobil pribadi saat melancong.

"Bagi masyarakat yang berencana untuk traveling pada periode akhir tahun, sebanyak 45% memilih untuk bepergian keluar kota menggunakan mobil atau kendaraan pribadi lainnya," bunyi siaran persnya.

Setelah kendaraan pribadi, moda transportasi untuk pilihan liburan akhir tahun jatuh ke pesawat dan disusul oleh kereta. Namun, jumlahnya masih belum signifikan.

"Disusul oleh bepergian ke luar kota menggunakan pesawat terbang (30%), staycation di hotel dalam kota (11%), ke luar kota menggunakan kereta (10%) dan ke luar kota menggunakan bus atau travel (4%)," lanjut siaran persnya.

Berdasarkan data tersebut, dapat diprediksi bahwa destinasi yang dekat dengan kota domisili akan menjadi favorit pada liburan akhir tahun nanti.

Untuk pemesanan tiket perjalanan, sebagian besar responden Pegipegi yaitu sebanyak 60% memilih melakukan pemesanan tiket perjalanan pulang pergi sekaligus. Sementara itu, 40% responden memilih untuk memesan tiket satu rute saja.

"Berdasarkan data internal Pegipegi pada long weekend akhir Oktober lalu, sebagian besar masyarakat lebih memilih last minute booking atau rata-rata di bawah satu minggu sebelum hari H keberangkatan. Hal ini kemungkinan besar mempengaruhi rencana pemesanan tiket pesawat untuk satu rute terlebih dahulu, mengingat periode libur akhir tahun yang mencapai total sembilan hari," seperti tertulis dalam survei Pegipegi.



Simak Video "Tips Liburan Aman: Jaga Jarak dan Siapkan Masker Secukupnya"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA