Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 02 Des 2020 17:02 WIB

TRAVEL NEWS

Bulan Ini: Hujan Meteor, Gerhana Matahari Sampai Planet Berciuman

Father and his daughter are watching Meteor Shower. Night sky.
Ilustrasi peristiwa astronomi bulan ini Foto: iStock
Jakarta -

Bulan Desember atau akhir tahun ini dimeriahkan oleh banyak kejadian astronomi yang bisa disaksikan traveler. Bukan cuma satu, tapi tiga sekaligus.

Traveler pecinta astronomi akan sangat dimanjakan di bulan Desember tahun ini. Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Rabu (2/12/2020), setidaknya ada tiga kejadian alam yang akan terjadi di bulan ini seperti diberitakan Travel and Leisure.

Berikut beberapa di antaranya:

1. Fenomena hujan meteor geminids

Umumnya, fenomena hujan meteor disebabkan oleh komet. Namun, yang terjadi pada Minggu malam mendatang akan sedikit berbeda karena adalah hujan meteor geminids.

Fenomena itu akan terjadi pada hari Minggu, 13 Desember 2020. Diketahui, per jamnya akan ada sekitar 150 meteor warna-warni yang tampak menghiasi langit malam.

Hujan meteor geminids disebut akan lebih meriah dari yang biasa, karena akan tampak gradasi warna seperti kuning, biru, merah dan hijau. Menariknya, pergerakan dari meteornya juga lebih lambat dan mudah dilihat dengan mata telanjang.

Momen spesial itu akan terjadi tengah malam jelang tanggal 14 Desember, di mana Bumi akan melewati arus debu dan serpihan yang tertinggal oleh asteroid.

2. Gerhana matahari terbaik

Tepat sehari setelah fenomena hujan meteor geminids, pada hari Seninnya, 14 Desember 2020, akan terjadi gerhana matahari total. Namun, fenomena alam itu hanya tampak di Chile dan Argentina saja.

Seperti fenomena gerhana matahari total yang terjadi di Indonesia beberapa tahun silam, event astronomi ini juga akan menarik banyak wisatawan. Hanya akibat COVID-19, tampaknya hanya turis domestik saja yang berkesempatan menyaksikannya.

3. Fenomena planet berciuman

Bulan Desember ini menandai titik balik matahari musim dingin. Hanya di tahun 2020, momen tersebut yang jatuh pada hari Senin, 21 Desember 2020, dapat disaksikan fenomena bertemunya kedua planet besar.

Diketahui, planet Jupiter dan Saturnus akan bertemu dan bersinar menjadi satu bintang raksasa dalam sebuah fenomena bernama great conjunction. Tahun ini pun akan spesial, karena kedua planet itu akan bertemu sangat dekat. Di mana kejadian itu terakhir terjadi tahun 1226 silam.



Simak Video "Penampakan Gerhana Matahari Cincin di Berbagai Negara"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA