Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 06 Des 2020 21:05 WIB

TRAVEL NEWS

Mudik ke Solo Dikarantina di Benteng Vastenburg, Bukan Lockdown Lho!

Tim detikcom
detikTravel
Benteng Vastenburg kamp tentara Belanda yang disiapkan jadi rumah karantina Pemkot Solo
Benteng Vastenburg yang jadi alternatif rumah karantina di Solo Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Jakarta -

Masih tingginya kasus COVID-19 di Indonesia membuat Pemkot Solo kian tegas. Buat yang nekat mudik akhir tahun ke Solo, wajib karantina di Benteng Vastenburg.

Pemerintah Kota Surakarta menjadikan Benteng Vastenburg sebagai lokasi karantina bagi masyarakat yang nekat mudik pada liburan akhir tahun.

"Benteng Vastenburg ini sebagai alternatif. Saya pinjam mulai 10 Desember hingga 10 Januari 2021," kata Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo di Solo.

Ia mengatakan, para pemudik akan menjalani karantina di benteng tersebut dengan menggunakan tenda.

Menurut orang nomor satu di Solo ini, dipilihnya Benteng Vastenburg karena pemkot sudah tidak memiliki gedung berukuran besar yang kosong untuk digunakan sebagai tempat karantina.

"Mulai 10 hingga 15 Desember akan kami siapkan lantainya. Pasang tendanya juga, tempat tidur, dan listrik. Yang jelas ini sebagai antisipasi libur panjang," katanya.

F.X. Hadi Rudyatmo mengatakan, bahwa karantina kepada pemudik berlaku selama 14 hari.

Ia berharap keberadaan lokasi karantina bagi pemudik libur Natal dan Tahun Baru 2021 tersebut bisa mengubah niat warga untuk mudik.

"Kami tidak ingin kasus COVID-19 Solo terus melonjak, sehingga perlu sikap tegas," katanya.

Sebelumnya, ia mengimbau warga untuk tidak melakukan mudik terlebih dahulu. Sedangkan warga di Kota Solo untuk tidak melakukan perjalanan ke luar kota.

"Kami juga tidak ingin terjadi paparan COVID-19 di luar Kota Solo, jadi sama-sama adil. Orang Solo tidak keluar kota, yang luar kota jangan mudik ke Solo. Kami minta Natal dan Tahun Baru dirayakan di kota masing-masing saja tidak usah ke Solo dulu, di sini. Angkanya juga lagi tinggi," tutupnya.

Meski ada karantina, Pemkot Solo membantah kalau mereka akan melakukan lockdown. Sebelumnya beredar informasi di aplikasi pesan dan media sosial bahwa Kota Solo lockdown hingga sebulan ke depan. Pemkot Solo menegaskan informasi tersebut adalah hoax!

Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas COVID-19 Solo, Ahyani, menegaskan informasi tersebut adalah salah. Pemkot Solo hanya melakukan pengetatan dan pembatasan.

"Tidak ada lockdown. Kita hanya mengetatkan dan membatasi saja agar tidak terjadi penularan COVID-19 selama libur akhir tahun," kata Ahyani saat dihubungi detikcom, Sabtu (5/12/2020).

Selain seputar rumah karantina untuk pemudik di Solo, berita seputar libur tahun baru dan pramugari yang diduga menjajakan seks di pesawat juga menjadi berita terpopuler detikTravel selama sepekan terakhir.

Berikut berita terpopuler detikTravel selengkapnya:





Simak Video "Aksi Para Prajurit yang Curi Perhatian di Lokasi Wisata Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA