Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 09 Des 2020 23:11 WIB

TRAVEL NEWS

Maradona Diusulkan Muncul di Uang Peso, Jadi Kontroversi

Femi Diah
detikTravel
Diego Maradona tutup usia pada Rabu (25/11) malam. Legenda sepakbola Argentina itu mencuri atensi publik lewat permainannya di laga Piala Dunia 1986 silam.
Diego Maradona diusulkan muncul di uang peso. (AP Photo/Carlo Fumagalli, File)
Buenos Aires -

Seorang senator Argentina berencana memasukkan Diego Maradona pada uang kertas. Pilihan menampilkan aksi Maradona si tangan Tuhan menjadi kontroversi.

Maradona meninggal dunia pada 25 November di rumahnya di Buenos Aires. Legenda sepakbola asal Argentina itu wafat pada usia 60 tahun setelah mengalami henti jantung yang kemudian disebut ada dugaan kelalaian perawatan di masa pemulihan.

Untuk mengabadikan namanya, senator Argentina Norma Durango mempresentasikan sebuah proyek kepada Kongres di awal pekan lalu. Dia ingin Maradona menjadi gambar dalam uang kertas 1.000 peso.

Uang kertas tersebut, nantinya akan menampilkan wajah Maradona di satu sisi dan gambar salah satu golnya yang paling terkenal di sisi lain, gol tangan Tuhan.

Dua gol paling terkenal Diego Maradona terjadi di perempat final Piala Dunia 1986 melawan Inggris. Dia mendapatkan yang pertama dengan meninju bola melewati kiper Inggris Peter Shilton dan yang kedua dengan menggiring bola melewati babak terakhir tim Inggris untuk mencetak apa yang masih dianggap sebagai salah satu gol terbesar sepanjang masa.

Argentina pun sah menjadi pemilik trofi Piala Dunia 1986.

"Idenya bukan hanya untuk mengenal idola kita yang paling penting tapi juga memikirkan sektor ekonomi," kata Durango seperti dikutip Arab News.

"Kami merasa bahwa ketika turis datang ke sini, mereka ingin membawa 'Maradona' bersama mereka," tambahnya.

Usulan itu tidak langsung diterima oleh warga Argentina. Rencana tersebut menjadi kontroversi.

Sebagian besar menentang karena justru aksi 'tangan Tuhan' yang ditampilkan pada dokumen resmi negara. Mereka menilai itu sebagai sebuah tindakan mendukung aksi ilegal.

Senator untuk provinsi La Pampa itu mengatakan keputusan akhir akan dibuat oleh anggota parlemen, yang diharapkan mendengar proposalnya awal tahun depan.

"Idenya adalah untuk mengenali Diego Maradona, untuk kebaikan dan keburukan, siapa Argentina paling terkenal di dunia," kata Durango.

"Saya merasa proyek ini mendapat tanggapan yang bagus meskipun beberapa orang tidak setuju," ujarnya.

Uang kertas 1.000 peso saat ini menampilkan burung nasional, Rufous hornero.



Simak Video "Detik-detik Jenazah Maradona Dimakamkan"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA