Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 10 Des 2020 21:02 WIB

TRAVEL NEWS

Penumpang Positif Corona, Royal Caribbean Batalkan Jadwal Pelayaran

Putu Intan
detikTravel
Royal Caribbean
Ilustrasi kapal Royal Caribbean. Foto: (James D. Morgan/Getty Images)
Singapura -

Kapal pesiar Royal Caribbean memutuskan untuk membatalkan pelayaran kapal Quantum of the Seas usai seorang penumpangnya positif Corona.

Jadwal pelayaran yang dibatalkan adalah pada 10 Desember 2020. Pelayaran akan kembali dilakukan pada 14 Desember 2020.

Keputusan ini diambil untuk mencegah penyebaran Corona di kapal pesiar. Sebagaimana diketahui, pada Rabu (9/12) pagi, seorang penumpang berusia 83 tahun terjangkit Corona.

Dilaporkan Channel News Asia, penumpang itu mulanya menunjukkan gejala diare. Ia kemudian disarankan untuk melakukan tes swab atau PCR di atas kapal dan diketahui hasilnya positif.

Padahal sebelum kapal berlayar pada Senin (7/12), 1.680 penumpang dan 1.148 anggota awak kapal pesiar itu dinyatakan negatif COVID-19.

Dengan temuan tersebut, seluruh penumpang dan awak kabin yang kontak erat dengan penumpang itu akhirnya diisolasi dan menjalani tes Corona. Setelah hasil tes menunjukkan negatif, penumpang kapal itu mulai diizinkan turun dari kapal pada pukul 8 malam waktu setempat. Mereka telah menunggu di Marina Bay Cruise Centre Singapura selama sekitar 12 jam.

Royal Caribbean mengungkapkan bahwa mereka akan mengembalikan uang penumpang secara penuh termasuk 25 persen kredit pelayaran di masa mendatang.

Jumlah tersebut didasarkan pada total tarif kapal pesiar yang dibayar oleh pelanggan dan kredit kapal pesiar di masa mendatang. Kredit itu akan dikirim ke pelanggan melalui email paling lambat 22 Januari 2021 dan berlaku selama setahun sejak diterbitkan.

Di samping itu, fasilitas dan paket apa pun yang dibeli sebelumnya, seperti internet, minuman, makan, akan secara otomatis dikembalikan bersama dengan pajak dan biaya. Proses pengembalian uang itu dilakukan dalam waktu 45 hari.

"Kami tahu berapa banyak waktu dan upaya yang dihabiskan untuk merencanakan liburan Anda dan kami sangat menyesal atas kekecewaan dan ketidaknyamanan ini," kata Royal Caribbean.



Simak Video "12 Kru Positif Corona, Kapal Pesiar 'Lockdown' di Yunani"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA