Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 12 Des 2020 05:34 WIB

TRAVEL NEWS

Pemudik ke Solo Wajib Karantina dan Updatenya Sejauh Ini

Tim detikcom
detikTravel
Pengusaha asal Solo Robby Sumampow tutup usia di umur 76 tahun. Tak hanya dikenal sebagai konglomerat, ia juga diketahui memiliki Benteng Vastenburg di Solo.
Ilustrasi Benteng Vastenburg di Solo (Agung Mardika/detikTravel)
Solo -

Desember ini, Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo mewajibkan pemudik yang ingin liburan akhir tahun dikarantina. Aturannya masih digodok sampai saat ini.

Kebijakan itu didasari oleh semakin meningkatnya jumlah penderita COVID-19 di Jawa Tengah, tak terkecuali Kota Solo. Oleh sebab itu, wali kota yang akrab disapa Rudy itu berencana menyewa Benteng Vastenburg yang merupakan bangunan cagar budaya Solo untuk menampung pemudik yang tetap nekat.

"Benteng Vastenburg ini sebagai alternatif. Saya pinjam mulai 10 Desember hingga 10 Januari 2021," kata Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo di Solo seperti dilansir dari Antara.

Menurut orang nomor satu di Solo ini, dipilihnya Benteng Vastenburg karena pemkot sudah tidak memiliki gedung berukuran besar yang kosong untuk digunakan sebagai tempat karantina.

"Mulai 10 hingga 15 Desember akan kami siapkan lantainya. Pasang tendanya juga, tempat tidur, dan listrik. Yang jelas ini sebagai antisipasi libur panjang," katanya.

Tangkapan layar jumpa pers virtual Wali Kota Solo FX Hadi RudyatmoTangkapan layar jumpa pers virtual Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo Foto: Tangkapan layar jumpa pers virtual Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo

F.X. Hadi Rudyatmo mengatakan bahwa karantina kepada pemudik di Solo berlaku selama 14 hari.

Ia berharap keberadaan lokasi karantina bagi pemudik libur Natal dan Tahun Baru 2021 tersebut bisa mengubah niat warga untuk mudik.

"Kami tidak ingin kasus COVID-19 Solo terus melonjak, sehingga perlu sikap tegas," katanya.

Sebelumnya, ia mengimbau warga untuk tidak melakukan mudik terlebih dahulu. Sedangkan warga di Kota Solo untuk tidak melakukan perjalanan ke luar kota.

Selanjutnya: Surat negatif COVID-19 tak menjamin pemudik lolos karantina

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
BERITA TERKAIT
BACA JUGA