Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 15 Des 2020 10:22 WIB

TRAVEL NEWS

Ikuti India dan Nepal, Bhutan akan Melegalkan LGBTQ

BHUTAN
Bhutan (Foto: Istimewa)
Thimphu -

Bhutan dikenal sebagai negara paling bahagia di dunia. Tapi anggota komunitas LGBTQ di sana masih belum bebas berekspresi seperti di negara-negara lain yang sudah mendukung kelompok ini.

Diberitakan Mashable SEA, Selasa (15/12/2020), Parlemen Bhutan baru-baru ini menyetujui undang-undang untuk melegalkan hubungan sesama jenis.

Keputusan ini menjadikan mereka sebagai negara Asia terbaru yang mengurangi pembatasan terhadap hubungan gay.

Bagian 213 dan 214 dari hukum pidana Bhutan telah mengkriminalkan 'seks tidak wajar' yang ditafsirkan sebagai hubungan gay dan lesbian.

Seperti dilansir Reuters, anggota parlemen Bhutan, Ugyen Wangdi, menyatakan bahwa 63 dari 69 anggota kedua majelis memilih untuk membatalkan ketentuan tersebut.

"Homoseksualitas tidak akan dianggap sebagai seks yang tidak wajar sekarang," kata Wangdi kepada Reuters.

Namun, amandemen tersebut masih perlu mendapat persetujuan dari Raja Bhutan untuk menjadi undang-undang.

Terlepas dari fakta itu, anggota komunitas LGBTQ dan sekutunya berhak untuk merayakannya. Dan itulah yang akan mereka lakukan.

"Saya pikir RUU yang disahkan pada Hari Hak Asasi Manusia itu sendiri adalah hari yang penting bagi semua orang di Bhutan," kata Tsheten, direktur kelompok LGBT +, Rainbow Bhutan.

"Saya yakin setiap orang yang membela komunitas LGBT + di Bhutan akan merayakan hari ini karena ini adalah kemenangan kami," imbuh dia.

Perubahan penting dari Bhutan ini dianggap sebagai langkah besar. Keputusan ini tidak terlalu mengejutkan bagi banyak orang karena tetangga mereka, seperti India dan Nepal, juga melakukan hal yang sama.



Simak Video "Cuma Punya 37 Dokter, Bhutan Vaksinasi 470 Ribu Orang dalam 9 Hari"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA