Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 31 Des 2020 12:00 WIB

TRAVEL NEWS

Kali Ini Tak Ada Pesta Tahun Baru di Ranca Upas

Muhammad Iqbal
detikTravel
Kampung Cai Ranca Upas Rancabali
Ranca Upas (Wisma Putra/detikcom)
Kabupaten Bandung -

Sejumlah larangan untuk perayaan tahun baru digalakkan oleh pemerintah kepada masyarakat, termasuk Ranca Upas.

Wisata Ranca Upas yang setiap tahunnya selalu membuka diri untuk perayaan tahun baru, kali ini ditutup.

Cluster Manager Kawah Putih, Patuha Resort, dan Ranca Upas Trisna Mulyana mengatakan, hal tersebut merupakan keputusan manajemen dari Perhutani. Wahana yang ditutup yakni wahana Camping Ground di Rancaupas.

"Kami atas persetujuan manajemen menutup wisata Camping Rancaupas, mulai tanggal 30 Desember sampai tanggal 1 Januari 2021. Artinya, kita hanya menutup untuk wisata camping saja di dua malam pada tanggal tersebut," ujar Trisna saat dihubungi detikcom, Rabu (30/12/2020).

Trisna mengatakan, langkah tersebut diambil untuk mencegah kerumunan massa di malam tahun baru. Pasalnya, camping ground Rancaupas menjadi langganan bagi para wisatawan untuk menghabiskan malam tahun baru di sana.

"Tujuannya adalah untuk menghindari kerumunan massa yang tidak terkendali, menghindari terjadinya pesta pesta d baru. Itu senafas dengan maklumat Kapolri, dan imbauan dari instansi terkait," ujar Trisna

"Kita sangat komitmen terhadap imbauan (Prokes) dan keamanan menjadi hal utama, di manan kasus COVID-19 akhir tahun ini cukup meningkat," tambahnya.

Meski begitu, penutupan tersebut tidak berlaku pada wahana lainnya. Bahkan, tetap buka sejak pagi hari hingga pukul 18.00 WIB. Bukan hanya di Ranca upas, pihaknya pun akan menutup sementara wisata camping di Bumi Perkemahan Cikole.

"Untuk wisata harian masih dibuka sampai tanggal 1 Januari 2021 dan seterusnya. Mulai pukul 7 hingga 18 malam," katanya.

"Bukan hanya di Ranca Upas, di Bumi Perkemahan Cikole juga dilakukan hal yang sama (ditutup)," paparnya.

(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA