Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 15 Jan 2021 16:02 WIB

TRAVEL NEWS

Erick Thohir Minta Relief Buatan Tahun 1963 di Sarinah Dilestarikan

Femi Diah
detikTravel
Menteri BUMN Erick Thohir meninjau lokasi penemuan relief di gedung Sarinah, Jakarta, Kamis (14/1/2021). Relief tersebut akan direstorasi dan dipamerkan kepada publik saat pemugaran gedung Sarinah rampung. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/wsj.
Menteri BUMN Erick Thohir minta relief di Sarinah dilestarikan. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)
Jakarta -

Menteri BUMN Erick Thohir mengecek perkembangan restorasi Gedung Sarinah di Jakarta Pusat. Dia sekaligus menunjukkan relief tersembunyi di lantai dasar gedung itu.

"Sambil mengecek perkembangan restorasi Gedung Sarinah, saya diajak melihat langsung relief warisan Presiden pertama RI yg sempat viral," kata Erick di akun Twitter-nya saat meninjau gedung Sarinah itu pada Kamis (14/1/2021).

Erick menambahkan relief di Gedung Sarinah dibuat sekitar tahun 1963.

"Relief ini dibuat sekitar tahun 1963 prakarsa Bapak Presiden Soekarno bersama dengan relief yg ada di Hotel Indonesia & di Hotel Samudera Beach," dia menambahkan.

Relief di gedung Sarinah itu berbahan beton dengan tulangan besi yang memiliki tinggi 3 meter dan panjang 12 meter. Di dalam relief itu termuat berkisah tentang kerakyatan di era menjelang kejatuhan Orde Lama, yang ditunjukkan dengan relief sosok petani, pedagang dengan pikulan berisi ikan, hingga perempuan membawa bakul hasil panen.

Tak seperti relief kebanyakan yang hanya muncul 10 persen, relief patung di Gedung Sarinah muncul 70-80 persennya, hampir menyerupai karya tiga dimensi.

Erick berharap relief di Gedung Sarinah itu dipertahankan dan dijaga.

"Saya meminta relief ini direstorasi dan mahakarya seni ini dapat dilestarikan. Kita sama-sama jaga dan rawat seni dan budaya Indonesia," ujar dia.

Sebelum ditunjukkan oleh Erick, relief itu sempat menjadi viral setelah akun Instagram @liayuslan memperlihatkan foto relief tersebut. Unggahan @liayuslan itu mengingatkan awal ditemukannya relief tersebut pada pertengahan 2020 saat pertama gedung Sarinah direstorasi.

Sementara itu, Erick mematok target agar restorasi gedung Sarinah itu selesai pada bulan November. Itu agar bisa diresmikan tepat pada hari Pahlawan 10 November.

Mengutip CNNIndonesia.com, berdasarkan video yang diunggah kanal Youtube Candran Attahiyyat pada 9 November lalu itu, relief sebenarnya sudah ditemukan sejak beberapa bulan lalu.

Relief ditemukan di ruang mekanikal elektrikal yang tak sembarangan orang bisa masuk. Tidak ada yang bisa menjelaskan kenapa itu bisa dijadikan ruang mekanikal elektrikal.

Penemuan relief baru terungkap ke publik setelah pada Jumat (8/1) lalu pemilik akun Instagram @liayuslan mengunggah tiga buah foto yang diambil dari proyek revitalisasi Gedung Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat.



Simak Video "Erick Thohir Pamerkan Relief Tersembunyi Gedung Sarinah"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA