Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 17 Jan 2021 13:41 WIB

TRAVEL NEWS

Lewat Layar Besar, Setiap Gerakan Turis di Venesia Akan Terpantau

Venesia pantau pergerakan turis
Foto: (Julia Buckley/CNN)
Venesia -

Turis yang berkeliaran di sekitar Venesia, Italia akan diawasi melalui layar besar. Pihak berwenang akan mengetahui kemana pun mereka pergi.

Mengutip CNN Travel, tak hanya mengawasi dari jauh, ponsel turis pun akan dilacak. Sehingga, keberadaan dan jumlah dan asal wisatawan yang datang betul-betul terpantau. Hal ini dilakukan agar pariwisata menjadi lebih baik lagi.

Venesia pantau pergerakan turisVenesia pantau pergerakan turis Foto: (Julia Buckley/CNN)

Sebelum COVID melanda, jumlah turis yang datang ke Venesia seringkali tidak terkendali, baik di jalan-jalan utama maupun di bis air. Pihak berwenang setempat sudah mencoba berbagai tindakan untuk mengawasi ini, salah satunya memperkenalkan jalur terpisah di pemberhentian vaporetto utama. Pihak berwenang ingin menghitung dengan tepat siapa yang ada di kota dan ke mana mereka pergi.

Untuk itu, sebuah ruang kontrol dibuka untuk mengetahui aktivitas turis. Tepatnya di pulau Tronchetto, di samping sebuah jembatan yang memisahkan Venesia dari daratan Italia. Ruangan tersebut merupakan bekas gudang yang ditinggalkan sejak 1960-an, namun sekarang menjadi markas untuk polisi dan pemerintah sebagai 'menara kendali' kota.

Bangunan tersebut terdiri dari kantor untuk walikota dan pejabat lainnya, lalu tentunya ruang CCTV besar dengan kamera yang memberi gambar dari seluruh kota. Polisi lah yang mengawasi pergerakan turis tersebut.

Di seberang koridor ada pula Smart Control Room, yaitu kumpulan layar lain dengan gambar dan informasi di sekitar laguna. Bukan untuk mengawasi tindak kejahatan, melainkan memberi informasi kepada pihak berwenang yang akan membuat profil gerombolan orang mengunjungi Venesia.

Pada akhirnya, mereka berharap bahwa data tersebut bisa menciptakan pariwisata yang lebih baik.

"Ini adalah otak kota," kata wakil direktur perusahaan multimedia dan teknologi di Venesia yang membangun sistem tersebut. "Kami tahu secara real time berapa banyak orang di setiap bagian (kota) dan dari negara mana mereka berasal," tambahnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA