Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 27 Jan 2021 12:07 WIB

TRAVEL NEWS

Penjelasan Lengkap Soal Warna Pesawat Terbang dan Livery-nya

Ilustrasi pesawat
Ilustrasi pesawat (Foto: iStock)
Jakarta -

Putih jadi warna di hampir seluruh pesawat terbang di dunia. Ada alasan yang penting di balik penerapan warna ini.

Cat warna putih pada pesawat termasuk warna dasar. Terutama pesawat komersil, maskapai pasti akan memilih warna itu untuk armadanya.

Dalam catatan detikTravel, Rabu (27/1/2021), ada beberapa faktor yang memengaruhi pemilihan warna pesawat terbang.

Pertama adalah masalah suhu dan hal ini bisa dianalogikan dengan memakai baju warna putih. Warna putih dapat merefleksikan cahaya, sehingga tidak menyerap cahaya terlalu banyak seperti warna-warna gelap lainnya.

Selain itu, warna dasar putih juga dapat mencegah pesawat dari panas berlebih, sehingga hanya memakan sedikit waktu untuk mendinginkan pesawat ketika mendarat.

Bukan hanya itu saja, dengan berwarna putih pesawat akan mudah terdeteksi jika memiliki kerusakan. Saat mengalami korosi atau kebocoran juga akan mudah terlihat, begitupun goresan, sayatan atau kerusakan lainnya.

Saat pesawat misalnya mengalami bencana di dalam air, warna pesawat terbang yang bercat putih di badan pesawat akan mudah terlihat. Sehingga mempermudah pencarian.

Ini juga berguna dalam jangka panjang. Seiring berjalannya waktu, pesawat yang lebih berwarna akan lebih cepat pudar dibandingkan yang memiliki warna dasar putih.

Seperti yang diketahui, berbagai maskapai mayoritas memiliki ikon atau lambang dari aneka macam warna. Namun, mayoritas badan pesawatnya memiliki warna dasar putih.

Pesawat Garuda Indonesia rutin dibersihkan dengan disemprot disinfektan. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19.Warna pesawat rata-rata putih Foto: Rengga Sancaya

Soal livery pesawat

Lalu soal livery, corak, gambar atau cat pesawat sangat diperhitungkan tiap detailnya. Kenapa demikian?

Suatu maskapai adalah merek yang paling dikenal di dunia. Dan, tiada papan reklame yang paling efektif dibanding badan pesawat mereka sendiri.

Sekali waktu, livery pesawat akan menggambarkan asal negaranya. Keduanya menyimbolkan kebanggaan suatu negara dan itulah kenapa dia dianggap sebagai maskapai nasional.

Selanjutnya: Warna Pesawat Terbang Saat Baru Keluar dari Pabrik

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA