Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 27 Jan 2021 23:02 WIB

TRAVEL NEWS

Yuk Tanam Padi dan Selfie Tengah Sawah di Kampung Ciharashas Bogor

Inkana Putri
detikTravel
Kampung Tematik Ciharashas Mulyaharja
Foto: Pemkot Bogor
Jakarta -

Dalam rangka meratakan pembangunan di Kota Bogor, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor resmi membuka Kampung Tematik Ciharashas Mulyaharja beberapa waktu lalu. Berlokasi di Kelurahan Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan, kampung yang disebut Visit Mulyaharja menjadi salah satu wisata bagi masyarakat sekitar.

Lurah Mulyaharja, Indra Permana mengatakan untuk dapat berwisata di sana pengunjung cukup membayar Rp 10 ribu saja. Ia juga menyebut jarak ke lokasi wisata juga tak jauh.

Dengan berjalan kaki sekitar lima menit dari parkiran, pengunjung akan sampai di Kampung Tematik Ciharashas Mulyaharja yang berada di tengah persawahan seluas 23 hektare.

"Cukup dengan membayar tiket Rp 10 ribu per orang pengunjung bisa menikmati pemandangan indah ini," ujar Indra dalam keterangan tertulis, Rabu (27/01/2021).

Indra menjelaskan pada hari pertama pembukaan, Kampung Tematik Ciharashas Mulyaharja mencatat lebih dari 1.400 pengunjung. Hal ini mengingat selama pandemi, banyak masyarakat yang ingin merasakan berlibur dengan nuansa alam atau back to nature.

Terlebih Kampung Tematik Ciharashas Mulyaharja memiliki hamparan persawahan, yang menjadi spot untuk melihat pemandangan sawah dan Gunung Salak dengan udara yang sejuk dan asri.

Selain dapat melihat pemandangan yang Instagrammable, Indra mengatakan pengunjung juga bisa sekaligus belajar cara bercocok tanam padi organik dan membuat biogas.

Indra menyebut kampung tematik ini juga memiliki fasilitas yang lengkap bagi para pengunjung. Hal ini juga yang membuat kampung ini sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di Kota Bogor.

"Di sini ada Balai Riung yang merupakan tempat pengunjung beristirahat, asa saung kopi Mulyaharja, liwet, jajanan dengan harga terjangkau dan juga toilet," katanya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) Mulyaharja, Oji Apandi mengatakan selama pandemi kampung tematik ini menerapkan protokol kesehatan ketat mulai dari pengecekan suhu, mencuci tangan atau memakai hand sanitizer, pembatasan pengunjung, dan penyemprotan desinfektan rutin.

Oji juga mengatakan Kampung Tematik Ciharashas Mulyaharja hanya dibuka dari pukul 07.00-18.00 WIB.

"Setiap harinya ada sekitar 400 pengunjung dari kapasitas 800 orang. Kampung Tematik ini dikelola Kompepar Mulyaharja dengan melibatkan semua warga dan sejak dibuka untuk umum warga merasakan peningkatan ekonomi yang cukup signifikan,"

(ncm/ega)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA