Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 13 Feb 2021 14:20 WIB

TRAVEL NEWS

Tren Liburan Imlek 2021 di Indonesia: Lebih Pilih Wisata Keluarga

Togetherness celebrating chinese new year
Foto: Ilustrasi liburan Imleak (Getty Images/Marcus Chung)
Jakarta -

Liburan Imlek tahun 2021 ini sedikit berbeda. Ada perubahan pola perjalanan saat pandemi COVID-19. Banyak traveler Indonesia memilih wisata bersama keluarga.

Situs perjalanan digital, Agoda mengungkap adanya perubahan tren wisatawan di masa liburan tahun baru Imlek 2021. Penyebabnya tentu saja pandemi COVID-19 yang masih berlangsung.

Tahun ini, wisatawan lebih suka menemukan destinasi di daerah terpencil, serta mengunjungi kembali tempat-tempat wisata lama. Wisatawan juga lebih memilih untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Data Agoda menunjukkan, traveler dari Indonesia dan Thailand memfokuskan untuk lebih banyak berwisata dengan keluarga dan teman di tahun ini. Berbanding terbalik dengan tahun sebelumnya yang menunjukkan wisata bersama pasangan masih jadi pilihan nomor satu.

Data tersebut berdasarkan data pencarian Agoda yang dikumpulkan pada 10 Januari 2021 dengan perbandingan tanggal check in di hari pertama Tahun Baru Imlek untuk tiap tahun, yaitu 25 Januari 2020 dan 12 Februari 2021.

Dengan banyaknya perbatasan internasional yang ditutup, di Tahun Baru Imlek ini destinasi domestik lebih dipilih oleh wisatawan. Kota Medan untuk pertama kalinya masuk ke dalam daftar tujuan wisata domestik di Indonesia yang menunggu untuk dijelajahi di libur Tahun Baru Imlek.

"Sama seperti Kerbau Logam di zodiak China, traveler di Asia membuktikan ketahanan dan kekuatan mereka di Tahun Baru Imlek ini melalui semangat untuk berwisata dan mengunjungi banyak destinasi domestik," ungkap Timothy Hughes, Vice President Corporate Development Agoda dalam keterangannya, Rabu (10/2/2021).

Di wilayah-wilayah tersebut, keluarga dan grup wisatawan menempati posisi pertama karena banyak yang merencanakan untuk merayakan Tahun Baru Imlek dengan orang-orang terdekat.

Sedangkan untuk di China dan Filipina, trennya justru wisata dengan pasangan menggeser posisi grup wisatawan di masa liburan Imlek. Sementara itu, di Jepang tren solo traveler malah bergeser ke posisi kedua, digantikan oleh wisata bersama pasangan sebagai posisi pertama menurut Agoda.



Simak Video "Sambut Tahun Baru Imlek, Warga Solo Berpakaian Adat"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA