Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 19 Feb 2021 06:43 WIB

TRAVEL NEWS

Unik, Jepang Jual Bir Kuat Tahan Gempa dan... Laris

Putu Intan
detikTravel
Bir Jepang
Bir tahan gempa, nih. (Foto: SoraNews24)
Fukushima -

Gempa Jepang sempat membuat beberapa supermarket mengalami kerusakan. Namun tidak dengan bir ini yang diklaim tahan gempa dan kini diburu masyarakat.

Salah satu supermarket yang terdampak gempa Jepang pada 13 Februari 2021 adalah Happy Food Fans yang terletak di Kota Date, Fukushima. Akibat gempa bermagnitudo 6, langit-langit supermarket runtuh serta beberapa barang yang dijual berserakan keluar dari rak.

Hal ini berakibat pada rusaknya barang-barang tersebut. Namun rupanya ada satu barang yang sukses bertahan dari gempa yakni bir kalengan.

Melihat hal ini, supermarket itu melakukan strategi pemasaran yang unik yaitu dengan memposisikan bir tersebut sebagai korban yang berhasil selamat dari guncangan gempa.

Bir-bir kalengan ini pun dipajang pada rak khusus. Meskipun beberapa kaleng tampak penyok, supermarket tetap menjual kaleng itu dengan harga normal untuk menghargai 'perjuangan' para bir yang dapat bertahan usai gempa.

Sebuah papan bergambar kaleng bir dan tulisan persuasif pun diletakkan di dekat tumpukan bir kalengan tersebut.

"Inilah para pahlawan yang dengan berani berdiri menghadapi gempa. Saya tidak ingin mereka diperlakukan seperti produk jatuh dan rusak yang dijual dengan harga diskon," begitu bunyi tulisannya sebagaimana diberitakan Sora News 24.

"Mereka terlihat berbeda tetapi mereka memiliki alkohol yang enak di dalam. Tolong bawa mereka bersamamu dan biarkan mereka menjalani hidup sebagai alkohol yang nikmat," begitu lanjutannya.

Uniknya lagi, di bawah gambar kaleng itu tertulis,"kami tidak akan dihancurkan oleh gempa bumi!"

Tak ayal, bir kalengan itu pun laris manis dibeli. Salah seorang pembeli yang nenek berusia 80 tahun mengatakan bahwa kualitas bir tidak berubah meski telah jatuh dari rak.

"Bahan di dalamnya sama dan begitu Anda meminumnya, Anda akan membuang kalengnya, jadi saya pikir ini adalah sesuatu yang bagus," kata dia.

"Alkohol ini seperti anak-anak saya daripada produk. Saya senang melihat orang-orang memasukkan kaleng penyok itu ke keranjang, mengetahui bahwa bir tersebut akan keluar dari sini untuk dinikmati," kata pemilik supermarket, Sato.

Seminggu kemudian, bir ini dilaporkan ludes terjual. Rupanya, konsumen tak peduli lagi dengan tampilan buruk kalengnya.

Meskipun ide ini dinilai positif bagi supermarket, netizen justru khawatir bila langkah ini akan ditiru dan menjadi pembenaran untuk menjual produk cacat. Netizen Jepang pun berharap akan ada pengawasan lebih lanjut terkait produk yang akan dikonsumsi konsumen.



Simak Video "Detik-detik Gempa M 7,2 di Jepang, Warga Tetap Tenang"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA