Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 22 Feb 2021 09:18 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Silenseas, Kapal Pesiar Layar Konsep yang Istimewa

Kapal pesiar layar Silenseas
Kapal pesiar layar Silenseas (Foto: Chantiers de l'Atlantique/CNN)
Paris -

Kapal pesiar layar Silenseas ini digadang menjadi yang teristimewa. Keunggulan utamanya yakni ramah lingkungan dengan teknologi tinggi.

Mengutip pemberitaan CNN, Senin (22/2/2021), adalah galangan kapal Prancis Chantiers de l'Atlantique yang berencana untuk membangunnya. Kapal pesiar ini bakal memiliki layar berpanel ramah lingkungan.

Ketinggiannya memiliki panjang 80 meter, terbuat dari fiberglass dan karbon. Konsep Solid Sail / AeolDrive ini akan mengurangi emisi kapal pesiar hingga 50%, menurut galangan kapal.

Chantiers de l'Atlantique ada di belakang kapal-kapal top termasuk MSC Grandiosa dan Celebrity Apex. Mereka mengungkap konsep ini di sebuah acara yang disiarkan langsung dari MSC Virtuosa, kapal pesiar yang masih akan diresmikan pada masa mendatang.

Laurent Castaing, Manajer Umum Chantiers de l'Atlantique mengatakan bahwa tim telah lama menginginkan layar sebagai solusi pelayaran yang ramah lingkungan. Namun, kapal pesiar membutuhkan layar besar, yang menurut tim sulit dibuat dengan teknologi dan bahan yang ada saat ini.

Jadi galangan kapal memutuskan untuk memilih bahan yang baru dan berbeda. Desain yang dihasilkan menyerupai akordeon, panel lipat yang membentuk rig layar untuk digunakan bersama-sama dengan mesin dan baling-baling, jadi tidak sepenuhnya bergantung pada angin kencang.

Tiang layar juga bisa berputar dan miring, yang menurut galangan kapal akan memungkinkan kapal pesiar berlayar di bawah jembatan, termasuk yang berlayar di Terusan Panama.

Kapal pesiar layar SilenseasKapal pesiar layar Silenseas (Foto: Chantiers de l'Atlantique/CNN)

Fase pengujian

Solid Sail / AeolDrive telah dibuat lebih dari satu dekade dan pengujian masih berlangsung. Jadi perlu beberapa waktu sebelum teknologi dalam kapal pesiar layar ini dapat mengoperasikan kapal penumpang.

Ada berbagai tahapan pengujian, mulai dari uji coba layar yang lebih kecil di kapal balap J80, hingga memasang layar raksasa di galangan kapal pada tiang setinggi 38 meter musim gugur ini. Ketinggiannya akan diperpanjang hingga 95 meter pada tahun 2022.

Pelaut Prancis Jean Le Cam juga terlibat dalam proses pengujian. Ia mencoba versi awal layar di yacht-nya, serta di kapal pesiar sepanjang 90 meter yang melintasi Atlantik.

Chantiers de l'Atlantique juga mempresentasikan desain untuk kapal pesiar layar tiga tiang utama khusus sepanjang 200 meter. Disebut Silenseas, armada ini telah diperlihatkan di Pameran Miami Seatrade Cruise 2018 dan 2019.

Galangan kapal mengatakan proyek ini menarik minat besar dari para pelaku industri.

Masa depan pelayaran

Desainnya mengingatkan pada kapal layar ramah lingkungan lainnya yang telah meramaikan gelombang pelayaran dalam beberapa tahun terakhir. Ada Black Pearl karya Oceanco.

Kapal layar ini terkenal dengan tiga layar hitam pekatnya dan pemenang Superyacht Awards Sailing Yacht of the Year pada tahun 2019. Ada pula kapal pengangkut mobil transatlantik Oceanbird, kapal berbahan bakar lima layar yang bisa dilipat.

Chantiers de l'Atlantique menganggap Solid Sail / AeolDrive juga dapat berfungsi untuk superyacht. Konsep rancangan yang ada saat ini adalah Silenseas.

Pada tahun 2020, MSC Cruises menandatangani kontrak untuk bermitra dengan Chantiers de l'Atlantique pada proyek-proyek yang akan datang, termasuk pengembangan kapal pesiar berpenggerak layar.



Simak Video "Kapal Pesiar Mewah Terbakar Saat Berlabuh di Yunani"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA