Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 25 Feb 2021 19:15 WIB

TRAVEL NEWS

Sandiaga Uno Tunjuk Lady Marsella Jadi Duta Satgas Toilet Indonesia

ANTARA
detikTravel
Melihat Lebih Dekat Toilet Umum Gratis di Yogya yang Mirip Stasiun MRT
Ilustrasi toilet (Pradito Rida Pertana/detikTravel)
Jakarta -

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menunjuk artis Lady Marsella menjadi duta Satuan Tugas (Satgas) Toilet Indonesia guna membenahi toilet di kawasan destinasi pariwisata Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno sedang mengampanyekan toilet bersih dan nyaman di seluruh Indonesia. Untuk itu, kemenparekraf membentuk Satgas Toilet Indonesia (STI).

Untuk mengenalkan STI, Kemenparekraf mempercayakan kepada Lady Marsella sebagai duta.

Lady Marsella mengatakan akan mengajak komunitas difabel untuk mengikuti kampanye kebersihan dan kelayakan serta kenyamanan di tempat wisata, termasuk di area toilet.

Sementara itu, Ketua Umum Satgas Toilet Indonesia Anthoney Lau mengungkapkan dinobatkannya Lady Marsella sebagai duta Satgas Toilet Indonesia karena memiliki komitmen dan semangat tinggi untuk membenahi toilet di tempat wisata.

[Gambas:Instagram]



Menurut dia, toilet bisa menjadi salah satu sumber penyakit bila tidak terurus dengan baik, apalagi sekarang lagi pandemi virus Corona.

Oleh karena itu, kebersihan toilet di tempat pariwisata sangat diperlukan agar para wisatawan bisa terbebas dari penyakit menular seperti diare maupun Covid-19. Harapannya, geliat ekonomi di tempat pariwisata bisa kembali tumbuh.

"Kami mengajak masyarakat untuk ikut berkampanye betapa pentingnya menjaga kebersihan di toilet agar terbebas dari penyakit," kata Anthoney, Kamis (25/2/2021), seperti dikutip detikTravel dari Antara.

Satgas Toilet Indonesia resmi dibentuk sejak awal Februari oleh Menteri Parekraf Sandiaga Uno.

Satgas ini akan bekerja di seluruh obyek pariwisata di Indonesia. Langkah ini diambil demi menjaga kebersihan toilet dan secara tidak langsung menjaga reputasi pariwisata Indonesia.

"Satgas Toilet Indonesia yang kami gagas merupakan konsep dari penyiapan destinasi wisata tidak hanya dari sisi infrastruktur yang terlihat tapi juga dari fasilitas penunjang berupa toilet," kata Sandiaga dalam keterangan resminya.

Sandi menyebut telah melihat secara detail toilet di tempat wisata dan telah membentuk sendiri satgas toilet. Kemenparekraf akan menyerahkan kepada komunitas masing-masing untuk menjalankan satgas toilet.



Simak Video "Cerita Lika-liku Sandiaga Uno Raih Gelar Doktor dengan IPK Tertinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA