Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 27 Mar 2021 19:48 WIB

TRAVEL NEWS

Patung Mirip Banteng Berusia Ribuan Tahun Mencuat Setelah Hujan Deras

Syanti Mustika
detikTravel
Patung Mirip Banteng Berusia Ribuan Tahun Mencuat Setelah Hujan Deras
Foto: (Greek Culture Ministry via AP)
Athena -

Para arkeolog dihebohkan dengan temuan patung kuno mirip banteng yang muncul setelah hujan deras. Diprediksi usianya sekitar 3.000 tahun.

Dirangkum detikcom, patung perunggu berukuran mini ditemukan di Yunani setelah hujan lebat melanda kawasan situs kuno Olympia. Benda kecil ini ditemukan para arkeolog di dekat kuil.

Awal mula ditemukannya adalah saat salah seorang arkeolog melihat salah satu tanduk patung mencuat dari lumpur. Hal ini terjadi setelah hujan yang cukup lebat di sana.

Kemudian benda itu langsung dibawa ke laboratorium untuk diteliti. Para arkeolog pun menyimpulkan bahwa patung kecil ini adalah salah satu persembahan untuk Zeus. Kebetulan juga patung ini ditemukan di dekat kuil Zeus.

Setelah melakukan pengujian, disimpulkan jika patung ini berasal dari periode geometri sekitar 1050 SM hingga 700 SM. Mungkin usianya lebih kurang 3.000 tahun.

Patung Mirip Banteng Berusia Ribuan Tahun Mencuat Setelah Hujan Deras Foto: (Greek Culture Ministry via AP)

Peneliti kembali menjelaskan patung ini sebagai persembahan karena adanya bekas pembakaran pada patung. Patung yang berbentuk banteng ini menjadi salah satu benda yang ditemukan sebagai persembahan untuk Zeus. Sebelumnya benda-benda lain juga ditemukan dan dipajang di museum arkeologi Olympia.

Sebelumnya, juga ada penemuan tidak terduga di Yunani yaitu patung Dewa Hermes. Patung ini ditemukan di selokan di Athena.

Patung Mirip Banteng Berusia Ribuan Tahun Mencuat Setelah Hujan DerasFoto: (Greek Culture Ministry via AP)

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA