Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 30 Mar 2021 23:48 WIB

TRAVEL NEWS

Mudik Lebaran 2021 Dilarang, Sandiaga Siapkan Opsi Bantu Pelaku Wisata

Putu Intan
detikTravel
Sandiaga Uno
Menparekraf Sandiaga Uno. Foto: (Syanti/detikcom)
Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno meminta masyarakat mengikuti anjuran pemerintah untuk tidak mudik saat lebaran 2021 untuk menekan penyebaran COVID-19..

"Kami ingin memberikan penekanan verbal bahwa Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sangat mendukung keputusan pemerintah untuk meniadakan mudik pada akhir Ramadan ini sebagai langkah tegas memutus mata rantai COVID-19," ungkap Sandiaga Uno dalam siaran tertulis pada Selasa (30/3/2021).

Sandiaga mengakui momen libur lebaran telah dinanti para pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif untuk mendulang peluang. Namun menurutnya, kesempatan itu masih ada dengan pergerakan masyarakat di dalam kota.

Masyarakat yang ingin liburan, dapat memilih destinasi yang dekat dari rumah dan tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.

Sandiaga menyampaikan bahwa pemerintah ingin pelaku usaha tetap optimistis di tengah upaya pemerintah mempercepat pelaksanaan vaksinasi guna terciptanya herd immunity sehingga sektor pariwisata dan ekonomi kreatif benar-benar pulih.

"Masyarakat dapat memilih destinasi yang personalize, customize, localize dengan penerapan protokol kesehatan yang disiplin. 3M dan 3T ini semua dilakukan secara konsisten," kata dia.

Begitu juga dengan ekonomi kreatif, masyarakat dapat mengkonsumsi produk ekonomi kreatif tanah air dengan memaksimalkan platform digital dimana saat ini sudah semakin banyak pelaku ekonomi kreatif tanah air yang beralih ke platform digital.

"Dari segi ekonomi kreatif, akan ada adaptasi. Karena tidak bisa langsung tatap muka dengan keluarga, bisa dikirim dengan produk-produk ekonomi kreatif yang dikirim dengan memaksimalkan platform digital. (Sehingga) pelaku ekonomi kreatif tetap bisa mendapatkan manfaat positif," ujar Sandiaga Uno.

Selanjutnya: Solusinya Bagi Pelaku Usaha Parekraf

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Menhub Setop Penerbangan Charter Selama Pelarangan Mudik"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA