Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 05 Apr 2021 14:11 WIB

TRAVEL NEWS

Mewahnya Pawai Memindahkan Mumi ke Museum Baru Mesir

Putu Intan
detikTravel
A convoy of vehicles transporting royal mummies is seen in Cairo, Egypt, Saturday, April 3, 2021. Egypt held a parade celebrating the transport of 22 of its prized royal mummies from Egyptian Museum to he newly opened National Museum of Egyptian Civilization. (AP Photo/Samah Zidan)
Pemindahan mumi di Mesir. Foto: AP/Samah Zidan
Kairo -

Prosesi memindahkan mumi ke museum baru di Mesir dilakukan dengan mewah dan ditayangkan di televisi nasional. Ini merupakan penghargaan Mesir pada para pendahulunya.

Bak menonton karnaval, prosesi pemindahan 22 mumi dari Museum Mesir ke Museum Nasional Peradaban Mesir tampak begitu mewah. Di sana tampak kendaraan hias melakukan pawai mengawal pemindahan mumi-mumi itu. Tak sampai di situ, rombongan mumi ini juga diberikan penghormatan dengan 21 tembakan serta diikuti band militer.

Pawai ini berlangsung pada Sabtu (3/4/2021). Kendaraan tampak mengular sepanjang 7 kilometer di ibu kota Mesir, Kairo.

Dari total 22 mumi yang dipindahkan, ada 18 mumi raja dan 4 mumi ratu yang diantarkan ke rumah baru mereka. Barisan mumi tersebut diatur berdasarkan tahun kekuasaannya. Contohnya Seqenenre Tao II, Ramses XI, Ramses II, dan Ratu Haatshepsut. Para mumi yang dipindahkan ini tak cuma berupa jasadnya saja tetapi termasuk barang-barang dan peti mati milik mereka.

A convoy of vehicles transporting royal mummies is seen in Cairo, Egypt, Saturday, April 3, 2021. Egypt held a parade celebrating the transport of 22 of its prized royal mummies from Egyptian Museum to he newly opened National Museum of Egyptian Civilization. (AP Photo/Samah Zidan)Pawai pemindahan mumi di Mesir. Foto: AP/Samah Zidan

Prosesi ini disiarkan secara nasional sehingga dapat ditonton masyarakat dari rumah masing-masing. Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi juga turut menonton dan mengomentari prosesi pemindahan mumi ini.

"Dengan penuh kebanggaan, saya menyambut raja dan ratu dari Mesir setelah perjalanan yang mereka alami," katanya melalui akun media sosial.

Mumi-mumi akan ditempatkan dalam kapsul nitrogen bebas oksigen yang dapat menjaganya tetap awet tanpa rusak akibat pengaruh kelembaban, terutama serangan bakteri, jamur, dan serangga. Kapsul itu dikelilingi bahan lembut yang mendistribusikan tekanan dan mengurangi getaran selama pengangkutan.

Sesampainya mumi-mumi ini di Museum Nasional Peradaban Mesir, mereka akan menjalani restorasi di laboratorium selama 15 hari. Setelah proses restorasi, para mumi ini akan dipamerkan kepada pengunjung museum pada 18 April 2021.



Simak Video "Meriah! Pawai Akbar Pemindahan Mumi Kerajaan Mesir Kuno"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA