Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 05 Apr 2021 17:16 WIB

TRAVEL NEWS

Ribuan Pekerja Sektor Wisata di Jakarta Mulai Divaksinasi

Syanti Mustika
detikTravel
Vaksinasi massal untuk pelaku UMKM digelar di Ciputra Artpreneur Museum, Jakarta, Kamis (1/4/2021). Sebanyak 1.500 pelaku UMKM menerima vaksin COVID-19 dosis pertama.
Ilustrasi vaksinasi Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Mulai tanggal 2-6 April 2021, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DKI Jakarta bersama Dinas Pariwisata Pemprov DKI Jakarta melaksanakan vaksinasi terhadap pekerja hotel dan restoran.

Total ada 1.342 pekerja di sektor hotel dan restoran yang akan divaksinasi pada gelombang pertama.

"Untuk tahap awal ini, dari Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Kesehatan dan Dinas Pariwisata dibantu PHRI, dari tanggal 2-6 April melakukan vaksinasi untuk 1.342 orang karyawan hotel yang saat ini hotelnya tempat untuk tenaga kesehatan dan OTG (Orang Tanpa Gejala). Vaksinasi tentunya akan berlanjut terus. Dan memang saat ini vaksinasi didominasi untuk PNS, Polri, dan lansia karena jumlahnya cukup banyak di Jakarta. Dan ini akan membutuhkan waktu lebih lama lagi. Selanjutnya nanti baru tenaga kerja secara umum," ungkap Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Gumilar Ekalaya, Senin (5/4/2021) dalam media breifing PHRI Jakarta via Zoom.

Gumilar juga mengatakan bahwa ada 45 ribu lebih pekerja yang bergerak di bidang pariwisata dan hiburan. Dia juga mengimbau para pengusaha untuk mendaftarkan pekerjanya supaya vaksinasi.

"Informasi saja, ada sekitar 45.140 tenaga kerja pariwisata yang ada di Jakarta terdiri dari hotel, restoran, catering, WO, bioskop, travel, usaha golf, fitnes, spa dan lainnya. Kita sampai saat ini masih terus menampung pengusaha pariwisata yang tenaga kerjanya ingin divaksinasi mendaftarkan melalui Dispar. Teruntuk restoran dan hotel lapor saja datanya ke PHRI," ujarnya.


Ketua BPD PHRI Jakarta, Sutrisno Iwantono mengungkapkan harapan besarnya terhadap kesegeraan vaksinasi.

"Kalau dari PHRI yang kami laporan ada 37 ribu karyawan hotel dan restoran yang ingin didaftarkan vaksinasi. Dan ini sedang kita upayakan untuk vaksinasi," ungkapnya.

Gumilar pun menjawab masalah kapan selanjutnya gelombang untuk pekerja wisata divaksinasi. "Adapun tahap berikutnya kita targetnya di bulan Juni. Setelah semua PNS, Polri, dan lansia divaksinasi baru dilanjutkan dengan tenaga kerja wisata," tutupnya.



Simak Video "WHO Minta Negara Kaya Berbagi Vaksin dengan Negara Miskin"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA