Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 12 Apr 2021 15:04 WIB

TRAVEL NEWS

Kisah Rumah Menlu yang Jadi Kantor Menlu Pertama RI

Putu Intan
detikTravel
Rumah Achmad Soebardjo Kantor Kemlu Pertama
Rumah Menlu Ahmad Soebardjo. Foto: Dok. Twitter @Kemlu_RI
Jakarta -

Beredar kabar di media sosial bahwa rumah Menteri Luar Negeri (Menlu) pertama RI Ahmad Soebardjo dijual seharga Rp 200 miliar. Rumah itu pernah jadi saksi sejarah berdirinya Kementerian Luar Negeri RI.

Hal itu disampaikan Menlu Retno Marsudi ketika berkunjung ke rumah Ahmad Soebardjo pada 2016. Dikutip dari Antara, kala itu Retno datang dalam rangka Ulang Tahun Kemlu ke-71 dan melakukan napak tilas.

"Selain rumah tinggal, kediaman ini juga kantor pertama Kemlu yang menjadi saksi hidup berdirinya Kemlu," kata Retno di Kediaman Ahmad Soebardjo, Cikini, Jakarta Pusat.

Sebagaimana diketahui, Presiden Soekarno pada tanggal 17 Agustus 1945 menunjuk Mr. Ahmad Soebardjo menjadi menteri luar negeri pertama. Selang dua hari kemudian, tepatnya 19 Agustus 1945 berdirilah Kemlu.

Retno menceritakan bahwa saat itu Ahmad Soebardjo melakukan tugasnya hanya dengan dibantu sepuluh staf.

"Padahal tugas beliau saat itu sangat berat, yaitu mencari atau memintakan pengakuan dari negara-negara lain atas kemerdekaan Indonesia," katanya.

"Semangat beliau menjadi inspirasi bagi para diplomat masa kini akan pentingnya diplomasi sebagai tiang penyangga Republik Indonesia," ia melanjutkan.

Ahmad Soebardjo dua kali menjabat sebagai Menlu RI di masa Presiden Soekarno, yakni pada 1945 selama empat bulan (Agustus-Desember) dan pada 1951-1952.

Di lingkungan internal Kemlu, Ahmad Soebardjo adalah pendiri Pusat Pendidikan dan Pelatihan bagi diplomat Kemlu. Selain itu, Ahmad Soebardjo juga pernah menjabat sebagai duta besar RI untuk Swiss pada 1961. Tak sampai di situ, Ahmad Soebardjo juga mendapat gelar sebagai Pahlawan Nasional.



Simak Video "Kemlu: Kasus Diplomat Nigeria Insiden yang Berdiri Sendiri"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA