Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 23 Apr 2021 11:03 WIB

TRAVEL NEWS

Berang-berang di Atlanta Tertular Virus Corona

Femi Diah
detikTravel
Ilustrasi otter
Ilustrasi berang-berang (Getty Images/iStockphoto/KenCanning)
Georgia -

Kasus Covid-19 kembali menyerang hewan. Kali ini, berang-berang di Georgia Aquarium di Atlanta yang terpapar virus Corona.

Dikutip dari NBC News, Jumat (23/4/2021), berang-berang itu menunjukkan gejala yang sama persis dengan manusia yang terpapar Covid-19. Makanya, dilakukan tes Corona.

"Mereka mulai menunjukkan gejala ringan seperti bersin-bersin, hidung meler, lesu, dan beberapa di antaranya mulai batuk," begitulah pernyataan Georgia Aquarium melalui akun Facebook.

Pengelola akuarium tidak merinci jumlah berang-berang yang positif tertular virus Corona.

Adanya berang-berang yang positif Covid-19 itu tidak disangka oleh pengelola taman hiburan akuarium itu. Sebab, mereka telah menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Diduga, kawanan berang-berang Asia tersebut tertular dari salah satu staf Georgia Aquarium yang positif Covid-19 namun tanpa gejala (OTG). Kasus penularan dari hewan ke manusia jarang terjadi.

Kendati begitu, setiap orang yang telah melakukan kontak dengan berang-berang langsung menjalani tes Covid-19.

Saat ini, berang-berang itu menjalani masa pemulihan. Dalam periode ini, berang-berang itu tidak diperlihatkan kepada pengunjung, apalagi kontak langsung.


Kasus berang-berang itu menjadi kasus Covid-19 terbaru yang ditemukan pada hewan. Kasus Corona pertama dilaporkan terjadi pada harimau Malaya berusia empat tahun di Kebun Binatang Bronx. Pada April 2020, harimau Malaya bernama Nadia diperiksa setelah menunjukkan gejala kesulitan napas ringan.

Empat harimau lainnya dan tiga singa di Kebun Binatang Bronx juga dinyatakan positif tidak lama kemudian. Dalam prosesnya, harimau itu pulih dan kembali menjalani aktivitas seperti biasa, termasuk makan dan tidur.

Kemudian dilaporkan tiga macan tutul salju dinyatakan positif virus Corona jenis baru (SARS-CoV-2 ) di Kebun Binatang Louisville di Kentucky, AS pada bulan Desember 2020.

Seekor puma di Afrika Selatan dan satunya lagi di pameran satwa liar Texas juga dinyatakan positif Covid-19 pada Februari 2021.



Simak Video "Viral Si Degen, Otter Gemoy yang Seliweran di Medsos"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA