Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 23 Apr 2021 19:31 WIB

TRAVEL NEWS

Wagub Bali: Persyaratan Penyambutan Turis Asing Sudah Terpenuhi

Sui Suadnyana
detikTravel
Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Arda Sukawati (Cok Ace)
Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Arda Sukawati (Cok Ace) (Foto: Dok. Pemprov Bali)
Denpasar -

Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Arda Sukawati (Cok Ace) menegaskan bahwa beberapa persyaratan untuk membuka pariwisata bagi wisatawan mancanegara (wisman) sudah terpenuhi. Berbagai fasilitas kesehatan sudah tersedia jika terdapat wisman terjangkit COVID-19 di Bali.

"Sarana prasarana kami sudah mencukupi, dan pemerintah terus meningkatkan seperti layanan rumah sakit dan penambahan ruang rawat inap juga," kata Cok Ace dalam keterangan tertulis yang diterima detikTravel, Jumat (23/4/2021).

Bahkan, Cok Ace menegaskan, laboratorium pengujian spesimen untuk COVID-19 sudah memadai. Hal itu dibuktikan dengan pengujian yang mumpuni sampai 3.000 sampel per hari.

Di sisi lain, pelaku pariwisata sudah siap sejak tahun lalu. Industri pariwisata sudah menyiapkan sertifikat cleanliness health safety and environment (CHSE). Sertifikat ini sudah disiapkan sejak September tahun lalu.

"Saat ini industri sudah mengeluarkan sekitar 1.800 sertifikat CHSE untuk hotel, restoran serta destinasi pariwisata di Bali," kata Cok Ace yang juga sebagai Ketua Badan Pimpinan Daerah Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (BPD PHRI) Bali itu.

Menurut Cok Ace, keberadaan sertifikat ini juga didukung dengan ketertiban masyarakat dalam menerapkan prokes. Terlebih tingkat kepatuhan masyarakat Bali dalam prokes menjadi salah satu tertinggi di Indonesia, yakni sekitar 96,8%.

Tokoh Puri Ubud ini juga mengatakan, persiapan membuka tiga kawasan menjadi kawasan hijau yaitu Ubud, Sanur dan Nusa Dua sudah hampir rampung. Hal tersebut ditandai dengan tingkat vaksinasi di tiga kawasan yang sudah hampir 100%.

"Masyarakat di tiga kawasan tersebut sudah hampir 100% divaksin. Sementara di luar zona hijau sudah sekitar 23% atau 600 ribu masyarakat di Bali. Dan angkanya akan kita genjot terus sehingga herd immunity bisa segera tercapai di Bali," bebernya.

Sementara untuk prasarana penunjang kesehatan di tiga kawasan tersebut, Wagub Cok Ace menyatakan sudah tersedia.

"Di Nusa Dua sudah ada BMC hospital yang bertaraf internasional, di Sanur dekat dengan RSBM yang juga menjadi rumah sakit rujukan COVID-19. Sementara di Ubud baru saja dibuka Kenak Medika dan RS Ari Canthi yang sangat representatif," tandasnya.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho juga menyampaikan, bahwa Bali sudah sangat siap menerima kunjungan wisman. Tidak hanya vaksinasi di tingkat masyarakat, sektor perbankan dan pekerja di bidang jasa keuangan juga sedang digenjot oleh Pemprov Bali bekerjasama dengan BI.

Hal itu menurutnya bertujuan untuk memberikan rasa aman dan kepercayaan dalam melayani masyarakat dan wisatawan kelak. Saat ini BI bekerjasama dengan bank-bank di Bali telah mengakselerasi program transaksi non tunai untuk meminimalisir kontak langsung.



Simak Video "72 Jam Selamatkan Awak KRI Nanggala-402"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA