Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 11 Mei 2021 09:35 WIB

TRAVEL NEWS

Ragunan Hanya untuk KTP DKI, Buka H+1 Lebaran

Taman Margasatwa Ragunan kembali dibuka untuk umum setelah tutup sejak Desember 2020
Suasana Ragunan beberapa waktu lalu Foto: Andhika Prasetia-detikcom
Jakarta -

Warga DKI Jakarta yang tidak bisa kemana-mana karena larangan mudik bisa berwisata ke Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Jakarta Selatan, saat libur lebaran. Ragunan akan buka setelah Hari Raya Idul Fitri, tepatnya pada 14 Mei 2021dari pukul 07:00-14:00 WIB.

"Untuk Sahabat Ragunan yang ingin berkunjung, kita buka H+1 Lebaran ya, dengan batasan kapasitas 30 persen agar tidak terjadi kepadatan kerumunan di dalam area Taman Margasatwa Ragunan setelah mencapai kapasitas maka TMR akan tutup," tulis situs resmi Ragunan seperti dikutip Selasa (11/5/2021).

Namun warga dengan KTP non DKI pada periode 8 - 30 Mei 2021 tidak bisa mengunjungi Ragunan. Ragunan hanya bisa dikunjungi oleh mereka yang memiliki KTP DKI.

Pengunjung sebelum ke Ragunan diminta lupa mendaftar online H-1 menjelang kunjungan di link ini (https://linktr.ee/Ragunanzoo) sedangkan untuk usia tidak ada batasan dan ibu hamil pun diperbolehkan.

Aturan mesti ber-KTP DKI Jakarta ini ditetapkan melalui kesepakatan antara Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama kepala daerah se-Bodetabekjur (Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Cianjur).

Para kepala daerah membuat kesepakatan pembukaan tempat wisata selama masa libur Lebaran 2021. Anies bersama kepala daerah Bodetabekjur sepakat hanya membuka tempat wisata bagi warga ber-KTP wilayahnya dengan kapasitas 30 persen.

"Kemudian untuk kawasan wisata maksimal pengunjung 30 persen dan hanya menerima pengunjung ber-KTP setempat, jadi tempat wisata di Bogor hanya menerima pengunjung dari Bogor, tempat wisata di Jakarta hanya menerima pengunjung ber-KTP Jakarta," kata Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (10/5/2021).

Khusus di DKI Jakarta, Anies mengatakan pihaknya akan melakukan pengecekan identitas pengunjung sejak pendaftaran tempat wisata secara online. Dia juga memastikan wilayah lain segera mempersiapkan hal ini.

"Ya tinggal cek di KTP. Kalau di Ancol, Ragunan itu harus memasukkan reservasi pada saat reservasi otomatis KTP dimasukkan di situ. Bila bukan KTP setempat, tidak bisa reservasi karena sign up secara online," ucapnya.



Simak Video "Keluh Kesah Penjual di Ragunan, Omzet Menurut Gegera Penutupan"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA