Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 25 Mei 2021 05:02 WIB

TRAVEL NEWS

Tiba-tiba Wisata Pedesaan Jadi Primadona di China

Wisata pedesaan China
Wisata pedesaan China (Foto: CNN)
Beijing -

China saat ini tengah booming pariwisata ke pedesaan. Penduduk kota mencari tempat yang di pedesaan untuk merasakan kehidupan yang lebih sederhana.

Diberitakan CNN, China memiliki salah satu pasar pariwisata domestik terbesar di dunia. Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata memperkirakan akan ada lebih dari empat miliar perjalanan yang dilakukan di seluruh China pada tahun 2021, dengan nilai pasar lebih dari USD 500 miliar.

Dengan pariwisata internasional yang hampir mustahil terlaksana karena pandemi dan pembatasan karantina, permintaan wisata domestik pun meningkat. Karena, China adalah rumah bagi 55 Situs Warisan Dunia UNESCO.

Tetapi turis China tidak hanya pergi ke keajaiban sejarah dan alam negara mereka. Beberapa di antaranya mencari sesuatu yang sedikit berbeda.

Dalam postingan di situs media sosial China, Weibo, seorang pengguna bernama Ancailie mengatakan setelah menghabiskan satu hari memetik mulberry, menyaksikan padi tumbuh, dan makan makanan rumahan, dia jauh lebih bahagia.

Pengguna Weibo lain, laozhenyiwen, menggambarkan asyiknya pengalaman pergi ke pedesaan untuk memancing dan makan makanan laut untuk liburan May Day baru-baru ini. Ia senang karena telah menghindari keramaian.

Grup Trip.com milik China, salah satu agen perjalanan online terbesar di dunia, mengatakan pada Maret 2021, perjalanan wisata pedesaan di China meningkat dari YoY lebih dari 300%.

Tren ini sangat menguntungkan sehingga Trip.com merencanakan aksi lima tahun untuk mempromosikan pariwisata pedesaan. Ini mencakup pembinaan pada 10.000 agen profesional dengan fokus di area tersebut dan investasi 1 miliar yuan (USD 150 juta) dalam dana industri pariwisata pedesaan.

Zhou Mingqi, pendiri dan manajer umum Konsultasi Manajemen Perusahaan Pemandu Wisata Shanghai, mengatakan bahwa orang-orang China mulai bosan dengan kurangnya kesempatan rekreasi dan pengalaman unik di kota-kota besar negara itu.

"Ada kebutuhan untuk mengalami jenis kehidupan yang berbeda, seperti pemandangan yang indah atau kehidupan pedesaan, untuk mengubah gaya hidup di akhir pekan," katanya.

Wisata pedesaan ChinaWisata pedesaan China (Foto: CNN)

Hidup sederhana

Wang Shang bekerja untuk perusahaan yang berbasis di Beijing yang membantu mengoordinasikan wisata dan aktivitas pedesaan. Dia mengatakan bahwa di salah satu hotel tempat dia bekerja, pengunjung dapat merasakan pengalaman menanam makanan mereka sendiri, berlatih bertani, dan belajar tentang kerajinan dan adat istiadat tradisional daerah tersebut.

"Kebanyakan tamu weekend trip adalah siswa taman kanak-kanak atau sekolah dasar beserta orang tuanya," ujarnya.

Sementara beberapa hotel pedesaan cukup rumit, yang lain cukup minimalis, dengan kegiatan yang sederhana seperti memetik stroberi, mengunjungi museum rakyat atau menghadiri opera lokal.

Menurut Wang, ada dua alasan utama mengapa orang sangat antusias berlibur ke pedesaan, yakni isolasi dan menjalani gaya hidup sehat.

Salah satu hotel tempat Wang bekerja, di Provinsi Shandong timur, dibuka pada Mei 2020, tepat setelah wabah Covid-19 memburuk di China. Dengan cepat akomodasi ini dipenuhi oleh orang-orang yang ingin berlibur aman di pedesaan.

"Kepadatan penduduk perdesaan rendah, dan pencegahan serta pengendalian virus sudah dilakukan dengan baik. Sehingga banyak keluarga perkotaan yang memilih pergi ke sana," ujarnya.

Selain itu, di negara di mana skandal makanan dan produk yang terkontaminasi dulu biasa terjadi, Wang mengatakan turis juga tertarik dengan potensi produk segar yang sehat di daerah pedesaan.

Wang mengatakan pengunjung dari kota-kota besar datang untuk membeli tepung, mie, daging, telur, madu, dan minuman keras. "Orang tua-anak mengatur kegiatan petik atau tanam agar anak-anak bisa belajar tentang hasil bumi. Orang tua juga sangat rela mengajak anaknya bermain lumpur," kata Wang.

"Para tamu pergi ke desa untuk minum susu kedelai, menonton babi di kandang dan sebagainya. Tamu menyukai kegiatan ini," dia menambahkan.

Tren ini juga didorong oleh pengaruh internet China, seperti Li Ziqi, videonya yang indah tentang kehidupan sederhana di pedesaan China, berlatar musik damai, telah menarik puluhan juta penonton.

Dalam salah satu video wisata pedesaan, Li menanam benih untuk menanam kacang kedelai dan kemudian membuat kecap. Di foto lain, dia memetik buah persik dan beri untuk membuat selai, membuatnya secara alami tanpa bahan tambahan makanan.

Tetapi terlepas dari penampilan pengalaman pedesaan yang otentik, Zhou mengatakan bahwa semakin banyak hotel dan desa pedesaan berusaha menarik pengunjung.

Wisata pedesaan ChinaWisata pedesaan China (Foto: CNN)

Beberapa daerah pedesaan bahkan melibatkan organisasi profesional untuk mencoba meningkatkan daya tarik mereka, kata Zhou, ahli perencanaan dan desain yang berspesialisasi dalam mendatangkan wisatawan.

"Saat ini pedesaan di berbagai tempat memang mengalami perubahan besar. Apalagi setelah direnovasi untuk pariwisata akan jauh lebih indah dari pada dulu, karena pedesaan dulu tidak ada perencanaan dan desainnya. Petani hanya membangun rumah," dia berkata.

Jutaan orang di China melakukan perjalanan lagi selama liburan besar pertama sejak wabah Covid-19.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "China Desak AS Kembali dalam Kesepakatan Nuklir 2015"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA