Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 29 Mei 2021 22:14 WIB

TRAVEL NEWS

Lagi-lagi, Korban Tewas Diserang Hiu

Femi Diah
detikTravel
Hiu macan
Ilustrasi hiu macan (Getty Images/iStockphoto/cdascher)
Noumea -

Seorang nelayan tewas diduga diserang oleh hiu. Jenazahnya belum ditemukan. Peristiwa itu terjadi pada Rabu (26/5/2021). Layanan penyelamatan di Kaledonia Baru mengetahui peristiwa itu setelah mendapatkan laporan dari nelayan lain.

Saat kejadian, nelayan yang tewas diserang hiu itu sedang menyelam di semenanjung Nouville di barat laut ibu kota Noumea.

"Kapal kami masih di sana, tetapi kami tidak menemukan jenazahnya dan belum ada yang melapor kepada polisi atau militer untuk mencari orang hilang," kata Alexandre Rossignol, kepala komunikasi pertahanan sipil, dan dikutip AFP.

Para saksi menceritakan serangan itu ke surat kabar Les Nouvelles-Caledoniennes.

"Kejadiannya sangat cepat. Kami melihat pusaran di permukaan, itu adalah hiu yang menyerang," kata seorang saksi mata.

"Kami melihat sirip mengepak di atas air, tidak lebih," dia menambahkan.

Pencarian jenazah melalui laut dan udara di daerah itu belum menunjukkan hasil.

Selain melakukan pencarian, pemerintah setempat merilis larangan berenang dan olahraga air serta aktivitas lainnya di sepanjang jalur pantai dekat serangan hiu itu hingga akhir pekan nanti.

Otoritas setempat juga telah mengesahkan perburuan hiu banteng dan hiu macan dalam radius satu mil di sekitar lokasi dugaan penyerangan oleh hiu selama 72 jam.

Beberapa hiu telah ditangkap, termasuk hiu macan berukuran 4,3 meter. Selanjutnya, bakal dilakukan otopsi.

Tewasnya nelayan itu menambah panjang kasus orang meninggal dunia setelah diserang hiu. Setidaknya dua orang lainnya tewas dalam serangan hiu di wilayah Prancis di lepas pantai timur laut Australia tahun ini.

Seorang pria berusia 53 tahun tewas saat mengayuh dayung di pantai di daerah yang sama di Nouville pada akhir April, kemudian pada Februari seorang pria berusia 57 tahun dibunuh oleh hiu macan di dekat pulau Maitre.

Pihak berwenang percaya hilangnya seorang perenang dan pelaut awal tahun ini juga bisa disebabkan oleh hiu yang telah menetap di sepanjang pantai dekat Noumea.

Menurut catatan Museum Sejarah Alam Florida ada 13 kematian akibat serangan hiu tahun lalu. Angka itu lebih dari rata-rata tahunan global, dengan empat kematian.



Simak Video "Pelaku Diduga Aniaya Satwa Langka Simpai di Sumbar Ditangkap!"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA