Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 02 Jun 2021 15:40 WIB

TRAVEL NEWS

Dispar Sleman Buka Lagi 3 Destinasi di Lereng Merapi

Kawasan wisata Bukit Klangon, Cangkringan, Sleman, DIY, masih tutup. Kawasan ini ditutup status Siaga Level III Gunung Merapi.
Bukit Klangon (Agung Mardika)
Jakarta -

Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Sleman membuka lagi tiga destinasi wisata di lereng Merapi. Mana saja?

Tiga destinasi wisata lereng Merapi yang kembali dibuka yakni Petilasan Mbah Maridjan, Bunker Kaliadem dan Bukit Klangon. Ketiga destinasi itu memang berada di radius 5 kilometer dari puncak dan berada di lereng sisi tenggara Merapi. Akan tetapi saat ini BPPTKG telah mengubah radius bahaya di sektor tenggara yakni 3 kilometer dari puncak.

"Kami sudah diskusi dengan BPBD berdasarkan BPPTKG juga jarak aman dengan Merapi saat ini waktu kemarin sempat 5 kilometer kemudian ada evaluasi lagi jarak luncuran 1,5-3 kilometer. Kami koordinasi dengan BPBD, tiga lokasi," kata Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dispar Sleman Aris Herbandang saat ditemui wartawan di Pemkab Sleman, Rabu (2/6/2021).

"Jadi, Bunker (Kaliadem), Kinahrejo (Petilasan Mbah Maridjan), dan (Bukit) Klangon itu sudah mulai beroperasional dengan catatan sudah ada pelatihan terkait dengan mitigasi bencana," dia menambahkan.

Pembukaan kembali destinasi wisata di Sleman itu sudah dilakukan sejak sebelum Ramadhan. Akan tetapi, sebelum resmi dibuka, pelaku pariwisata di daerah tersebut dilatih dulu soal mitigasi bencana.

"Itu sudah kami lakukan untuk persiapan saat lebaran mereka bisa beroperasi dan itu sudah kita lakukan. Artinya tiga destinasi itu bisa dibuka dan sudah beroperasional sejak dari Lebaran kemarin," kata dia.

Skema mitigasi, kata Herbandang, mencakup ketugasan masing-masing personel yang tidak boleh rangkap tugas. Kemudian, disiapkan titik kumpul dan skema jalur evakuasi.

"Jadi pada saat mitigasi bencana sudah langsung bisa keluar dari lokasi termasuk skenario penataan parkirnya dan askesnya," dia menjelaskan.

"Ini upaya kami terkait pencegahan kalau terjadi emergency terkait Merapi upaya-upaya seluruh destinasi sudah mempunyai skenario untuk melakukan evakuasi wisatawan," kata dia.



Simak Video "Nasib Pelaku Wisata Merapi Di Ujung Tanduk: Jual Jip-Jadi Petani"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA