Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 08 Jun 2021 06:45 WIB

TRAVEL NEWS

Jangan Asal Ambil! Curi Pasir Pantai Bisa Masuk Penjara

bonauli
detikTravel
Stintino, Beach of La Pelosa
Sardinia (Thinkstock)
Sardinia -

Sardinia, sebuah pulau Laut Mediterania yang masuk dalam kawasan Italia, memiliki pantai yang indah. Tak hanya pasir pantai putih, yang merah muda juga ada.

Karena itulah banyak wisatawan yang datang ke sana. Tak cuma sekedar liburan, mereka juga membawa pulang pulang pasir pantai sebagai suvenir. Biasanya sih pasir itu dijadikan kenang-kenangan.

Pemerintah Sardinia melihat ada potensi bahaya untuk alam dengan kebiasaan turis itu. Sardinia pun mengesahkan undang-undang daerah pada tahun 2017. Isinya tentang melarang pengambilan pasir dari pantai Sardinia, seperti yang dilansir dari CNN.

Sayang, masih ada saja turis yang melanggar. Polisi Italia menyita lebih dari 200 pon pasir pantai, batu dan kerang yang dicuri dari pantai Sardinia tahun lalu. Aneka 'suvenir' ini dikembalikan ke pantai pekan lalu.

Tak cuma pasir pantainya yang dikembalikan, turis-turisnya juga kena denda. Polisi mengatakan bahwa ada 41 orang yang telah didenda. Denda yang diberikan berkisar dari 500-3.000 Euro atau sekitar Rp 8 jutaan denda paling murah.

Kalau terus-terusan mencuri atau mengambil dalam jumlah banyak dendanya bisa berganti jadi hukuman penjara. Ini menjadi tanda keseriusan pemerintah Sardinia untuk menjaga pantainya.

Pencurian ini masih saja terjadi meski di tengah pandemi. Yang turun hanya angka wisatawan, tapi pencuriannya tetap ada.

Polisi melakukan pemeriksaan rutin pada para pelancong yang berangkat dari Bandara Olbia Socta Smeralda. Bahkan polisi menyisir berbagai situs e-commerce yang menjual pasir pantai mereka.

"Kami menemukan situs web yang menjual pasir pantai kamu sebagai suvenir. Ini menjadi fenomena yang sangat terkenal di Eropa," ujar Penjara Hutan pulau Sardinia.

Pada September 2020, seorang turis Prancis didenda 1.000 euro setelah mencoba membawa 4 pon pasir lokal. Pasir tersebut disembunyikan di bagasi pesawat.

Ada pula sepasang suami-istri Prancis yang diancam hukuman penjara karena mencuri sekitar 14 botol plastik pasir putih. Beratnya sekitar 40 kg dan dimasukkan ke dalam mobil. Penemuan ini ditemukan saat mereka mencoba untuk pulang dengan naik kapal feri.



Simak Video "Bermain Voli Pantai di Pasir Putih Pangandaran Jawa Barat"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA