Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 17 Jun 2021 17:56 WIB

TRAVEL NEWS

Menakar Peluang Rammang-rammang Dapat Status UNESCO

Menparekraf di Rammang-rammang, Maros
Menparekraf Sandiaga Uno di Rammang-rammang (Muhammad Taufiqqurrahman/detikcom)
Maros -

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mendukung desa wisata Rammang-rammang, Maros, Sulsel mendapatkan status UNESCO Geopark. Menteri Parekraf Sandiaga Uno menyarankan perbaikan sinyal telekomunikasi dan pengelolaan sampah lebih diperhatikan di lokasi ini.

Keinginan itu dikatakan Sandiaga saat berkunjung ke kawasan Kampung Rammang-rammang dan ikut mensosialisasikan program Desa Wisata, Kamis (17/6/2021).

"Sinyal kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif semakin saya rasakan di kampung karst Rammang Rammang tentunya kebanggaan kita," kata Sandiaga.

Sandiaga sempat berkeliling dan menemui warga di kawasan ini, termasuk menikmati jajanan khas lokal. Pada peninjauan ini, dia menyoroti soal susahnya jaringan telekomunikasi. Meski begitu, dia memuji titik-titik tertentu yang membuatnya kagum, semisal terowongan batu, lalu juga kondisi alam karst yang sangat indah.

Menparekraf di Rammang-rammang, MarosMenparekraf di Rammang-rammang, Maros Foto: Muhammad Taufiqqurrahman/detikcom

"Saya cek langsung dari segi aspek desa digitalnya masih perlu peningkatan, dari kekuatan sinyal langsung kita eksekusi terhubung dengan provider Telkomsel jaringan.kita harapkan sinyal semakin baik," kata dia.

"Kedua, mengenai listrik dan beberapa fasilitas di Rammang-rammang ini, seperti pengelolaan sampah kita akan tingkatkan di sini," dia menambahkan.

Harapannya, ketika tim UNESCO datang berkunjung, masalah-masalah seperti ini tidak terlihat lagi, dan bisa meyakinkan tim itu untuk memberikan status Geopark di lokasi ini. Dikatakannya, ada 3 hal yang akan masuk penilaian UNESCO yaitu soal lingkungan, budaya, dan sosial.

"Saya tidak lihat ada kendala mudah- mudahan masalah klasik dan sampah bisa kita selesaikan dari segi wisata dan budaya alam," ujarnya.

Halaman berikutnya ---> Desa Wisata di Sulsel

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Viral Video Kakek Punguti Beras, Pemkab Mateng Turun Tangan"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA