Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 18 Jun 2021 09:52 WIB

TRAVEL NEWS

Mitos Lonceng Pembawa Petaka-Hotel Bandung Layani Tes GeNose

Genose Ibis Bandung Trans Studio
Foto: (Rafida Fauzia/detikcom)
Jakarta -

Kota Bandung ternyata menyimpan mitos-mitos yang bikin merinding. Salah satunya yaitu tentang lonceng pembawa petaka.

Gedung bersejarah yang menyimpan lonceng tersebut itu bernama Pendopo Bandung, lokasinya berada di samping Alun-Alun Kota. Detik Travel berkesempatan untuk berkunjung ke lokasi ditemani sang pemandu.

"Di dalam pendopo ada dua lonceng, katanya kalau lonceng ini berbunyi sendiri katanya bakal ada bahaya," ujar Pemandu dari Cerita Bandung, Mamat.

Terdapat penanda di bawah lonceng yang menuliskan bahwa situs tersebut dibangun oleh VOC. Namun kenyataannya tak ada yang tahu pasti pembangunan lonceng petaka itu.

Lalu, mengapa disebut lonceng petaka?

Dahulu, VOC menjadikan lonceng tersebut sebagai sebuah penanda adanya eksekusi kematian. Pada zaman kolonial, siapa pun yang membelot dari aturan pemerintah akan dihukum mati.

Pada tahun 1808 hingga 1811 gubernur jenderal pertama dijabat oleh Herman Willem Deandels yang menginisiasi pemabangunan jalan di sisi utara Jawa, dari Anyer di ujung barat sampai Panarukan di ujung timur. Panjang totalnya mencapai 1.000 km, Jalan Raya Pos, Jalan Deandels.

Jalan tersebut juga melintasi Bandung yang sekarang bernama Jalan Jenderal Sudirman-Jalan Asia Afrika-Jalan A. Yani lalu berlanjut ke Sumedang dan seterusnya. Deandels dikenal dengan sosok bertangan besi. Dia memberantas korupsi namun tak segan menurunkan juru tembak bagi siapa pun yang menghalangi rencananya.

Warga yang coba-coba membelot akan dihabisi, Nah, eksekusi itu ditandai dengan bunyi lonceng. Hingga kini lonceng itu pun tak pernah dibunyikan secara sengaja.

Cerita masa lalu itu masih menyimpan kengerian bagi warga. Mereka percaya, bahwa membunyikan lonceng secata sengaja akan mendatangkan bahaya.

"Jadi, lonceng ini enggak boleh dibunyikan. Secara sengaja juga enggak ada yang berani bunyiin," dia menambahkan.

Berita terpopuler selanjutnya masih datang dari Bandung. Ada potret Ibis Trans Studio Bandung yang menjadi hotel pertama di Bandung yang melayani tes GeNose. Tarifnya Rp 50 ribu per orang.

Lokasinya berada dekat dengan area restoran outdoor hotel. Tes GeNose dimulai dari pukul 10.00-20.00.

Berikut 10 Berita Terpopuler detik Travel Kamis (17/6/2021) Lengkapnya:



Simak Video "Pesona Dreamland Cicalengka: Tempat Wisata Alam yang Islami"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA