Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 20 Jun 2021 08:35 WIB

TRAVEL NEWS

Spesies Kodok Baru di Ekuador Dinamai Led Zeppelin

BBC
detikTravel
kodok Led Zeppelin ditemukan di Ekuador
Kodok spesies baru yang dinamakan Led Zeppelin Foto: BBC
Quito -

Ilmuwan di Ekuador berhasil menemukan spesies baru kodok. Uniknya, kodok itu diberi nama Led Zeppelin, ya seperti band rock legendaris Inggris itu.

Dikutip dari BBC, Minggu (20/6/2021), kodok itu diberi nama Pristimantis ledzeppelin. Ciri-ciri kodok itu memiliki mata berwarna merah tembaga dan kulit berbintil-bintil berwarna kuning, cokelat, hitam, dan oranye.

Kodok Led Zeppelin diyakini dapat tumbuh dewasa hingga sepanjang 3 cm.

Spesies kodok itu merupakan bagian dari keluarga Pristimantis yang banyak ditemukan di hutan Cordillera del Cóndor, yang terletak di antara Ekuador bagian tenggara dan Peru bagian timur laut.

Spesies itu menambah panjang daftar keluarga Pristimantis. Kini ada 28 spesies Pristimantis telah ditemukan dalam dua tahun terakhir.

Para ilmuwan mengatakan bahwa nama Pristimantis ledzeppelin diberikan untuk menghormati band tersebut dan "musik mereka yang luar biasa".

Penemuan ini, yang dilaporkan dalam makalah di jurnal Neotropical Biodiversity, menambah pengetahuan tentang keanekaragaman hayati yang unik di Cordillera del Condor, yang merupakan bagian dari kawasan ekologi paling terancam di dunia.

Khususnya wilayah Pristimantis ledzeppelin ditemukan, tulis para peneliti, adalah bagian dari konsesi tambang sebuah perusahaan multinasional. Di wilayah tersebut terdapat aktivitas peternakan, penebangan pohon, dan pertambangan skala kecil.

"Karena tingginya endemisme Cordillera del Cóndor, spesies kodok yang baru ditemukan ini kemungkinan besar hanya ditemukan di wilayah terbatas ini, karena itu perlu dipikirkan inisiatif jangka panjang untuk tindakan konservasi vertebrata kecil," tulis David Brito-Zapata dan Carolina Reyes-Puig.



Simak Video "Goyangan Paus Dangdut di Wisata Bahari Lamongan "
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA