Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 24 Jun 2021 12:11 WIB

TRAVEL NEWS

Italia Rogoh Rp 1,2 T untuk Renovasi Penjara ala Alcatraz Jadi Objek Wisata

Femi Diah
detikTravel
Old and abandoned prison in Santo Stefano island
Penjara di salah satu pulau di Santo Stefano, Italia direnovasi untuk jadi tempat wisata. (Getty Images/iStockphoto/DODDYTANK)
Santo Stefano di Sessanio, Italia -

Sebuah penjara di tengah pulau di Italia direnovasi dengan dana yang wow, 70 juta euro atau sekitar Rp 1,203 triliun. Nantinya, dijadikan objek wisata lengkap dengan hotel dan bar.

Penjara di tengah pulau Santo Stefano itu seperti Alcatraz di Amerika Serikat (AS). Penjara itu dioperasikan selama tahun 1930 hingga 1940-an untuk menampung narapidana oleh pemerintah fasis. Konon, napi disiksa, bahkan ditenggelamkan.

Beberapa dekade setelah perang dunia, lapas itu menjadi penjara biasa dengan teater dan lapangan sepakbola, juga dapur dan toko makanan untuk para napi.

Napi bisa memiliki uang, mata uangnya khusus, dengan upah sebagai tenaga pembuat batu bata dan juru masak.

Lapas itu ditutup pada 1965 dan kemudian ditinggalkan. Bangunannya mangkrak. Tidak ada saluran listrik, air bersih, dan akses yang tidak mudah.

Kendati kosong, pulau itu masih kerap disambangi. Mereka adalah para wisatawan pehobi selam atau nelayan.

Saat ini, pulau itu tidak memiliki dermaga besar. Perairan di sekitar pulau dipenuhi bebatuan dan bangkai kapal Perang Dunia II.

Dengan kondisi itu, renovasi penjara tersebut bukanlah pekerjaan murah. Tapi. Silvia Costa, pejabat Italia yang mengawasi pembangunan optimistis rencana itu bisa terwujud. Dia juga yakin setelah menjadi destinasi wisata, kompleks penjara itu bakal diminati.

Dia ingin membangun museum multimedia di sana. Juga, mengubah rumah mantan direktur penjara dan lapangan sepak bola menjadi asrama dengan 30 kamar.

Ia juga berharap gedung berbentuk tapal kuda itu bisa menjadi ruang pertunjukan dan membuka bar cocktail pada tahun 2025.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Ratusan Imigran Diselamatkan Penjaga Pantai Italia"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA