Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 27 Jun 2021 21:33 WIB

TRAVEL NEWS

Kedatangan Tasmania Devil Malah Hancurkan Populasi Penguin di Pulau Maria

Kedatangan Tasmania Devil Hancurkan Popilasi Penguin di Pulau Maria
Foto: Tasmania Devil (Getty Images)
Jakarta -

Kekhawatiran akan punahnya Tasmanian Devil atau Setan Tasmania di Australia membuat populasi ini dipindahkan ke Pulau Maria. Namun ternyata itu bukan solusi yang tepat.

Tasmanian Devil dipindahkan ke Pulau Maria di lepas pantai Timur Tasmania pada tahun 2012 di bawah program Save Tasmania Devil. Ini merupakan inisiatif bersama dari pemerintah Australia dan Tasmania.

Diketahui sebelumnya, dalam 30 tahun terakhir, Tasmania Devil mengalami masa sulit akibat penyakit menular yang dikenal dengan tumor wajah setan atau devil facial tumor.

Namun, kepindahan Tasmanian Devil ternyata bukanlah solusi namun mendatangkan bahaya bagi hewan lain. Pulau Maria merupakan tempat perlindungan bagi ribuan penguin kecil atau Eudyptula minor. Populasi ini adalah penguin terkecil di bumi.

Menurut Nature World News, malangnya, ukuran yang kecil membuat para penguin jadi mangsa Tasmanian Devil. Diperkirakan, hewan karnivora tersebut telah memusnahkan populasi sekitar 6.000 penguin kecil.

"Setiap kali orang dengan sengaja atau tidak sengaja membawa hewan ke pulau-pulau maritim, konsekuensi yang sama selalu terjadi... dampak yang menghancurkan pada satu atau lebih spesies burung," kata penyelenggara BirdLife Tasmania, Dr Eric Woehler kepada Guardian.

Survei pemerintah menyatakan, populasi penguin kecil yang berjumlah 3.000 pasangan telah mengilang dari Pulau Maria.

"Kehilangan 3.000 pasang penguin dari taman nasional yang seharusnya menjadi suaka bagi spesies ini merupakan pukulan yang signifikan," tambah Eric.

Sebelumnya, pada 2011 sebuah laporan oleh Departemen Industri Primer, Taman Air dan Lingkungan Tasmania menyatakan bahwa pengenalan Tasmania Devil akan berdampak negatif pada penguin kecil dam koloni burung penciduk di Pulau Maria. Sedangkan tahun lalu, sebuah makalah yang diterbitkan dalam jurnal Biological Conservation mengatakan Tasmania Devil telah menghilangkan koloni burung laut, spesies burung laut.

"Sangat jelas bahwa Tasmania Devil memiliki dampak ekologis bencana pada fauna burung di Pulau Maria," kaya Eric.



Simak Video "Roket NASA Diluncurkan dari Australia"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA