Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 02 Jul 2021 08:43 WIB

TRAVEL NEWS

Ngenes! Gajah Myanmar Berenang-renang ke Laut Bangladesh

Putu Intan
detikTravel
Gajah di Bangladesh
Foto: AFP
Jakarta -

Dua ekor gajah berhasil diselamatkan ketika terjebak di laut lepas pantai Bangladesh. Keduanya dibawa ke darat setelah empat hari terkatung-katung di laut.

Kedua gajah ini diketahui terpisah dari kawanannya di Myanmar. Mereka menyeberangi sungai menuju Bangladesh namun justru dibawa ke pantai oleh penduduk setempat yang ketakutan.

Dilansir dari BBC, setelah 4 hari terjebak di laut dan dikelilingi penonton, gajah-gajah ini memutuskan untuk berenang ke Teluk Benggala. Beruntung, pihak berwenang bersama nelayan setempat dapat menyelamatkan para gajah menggunakan tali lalu dibawa ke pantai.

Pejabat setempat, Syed Ashiq Ahmed, mengatakan gajah-gajah tersebut akan diberi makan lalu dibawa ke hutan terdekat. Sementara itu anggota dewan di Kota Teknaf, Fazlul Haque menyebut penduduk setempat merasa terancam dengan kehadiran para gajah sebab sebelumnya ada orang yang terbunuh dalam pertemuan dengan gajah.

Sementara itu, habitat gajah di wilayah itu juga semakin rusak. Banyak terjadi penebangan, pembukaan lahan pertanian, dan kebakaran hutan.

Belum lagi dalam beberapa tahun terakhir, rute migrasi gajah juga telah diblokir oleh kamp-kamp pengungsi Rohingya dari Myanmar. Akibat kedua faktor itu, gajah sering terpaksa keluar dari rute yang biasa ia lewati untuk mencari makan.

Pemimpin regional International Union for Conservation, Raquibul Amin menjelaskan bahwa kejadian ini merupakan insiden keempat tahun ini. Ia menyerukan kerja sama yang lebih besar antara Myanmar dan Bangladesh untuk memantau gajah dan mengambil langkah untuk mengurangi konflik antara gajah dengan manusia.



Simak Video "Momen Langka! Sekawanan Gajah Tidur Bersama di Tengah Hutan"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA