Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 27 Jul 2021 19:09 WIB

TRAVEL NEWS

Jalan Raya dan Taman di Madrid Masuk Daftar Situs Warisan Dunia UNESCO

Femi Diah
detikTravel
Taman Retiro di Madrid  masuk daftar situs warisan budaya dunia UNESCO pada Minggu (25/7/2021).
Taman Retiro di Madrid masuk daftar situs warisan budaya dunia UNESCO (Getty Images/Inna Zabotnova)
Madrid -

UNESCO menetapkan jalan raya Paseo del Prado dan Taman Retiro yang bersejarah di Madrid, Spanyol, ke dalam Daftar Situs Warisan Dunia. Keputusan itu disambut antusias pemkot dan warganya.

Pada Minggu (25/7/2021), UNESCO menetapkan empat destinasi masuk ke dalam daftar Situs Warisan Budaya UNESCO. Yakni, Jalan Raya Paseo del Prado, jalur kereta api Traniran, kuil Kakitaya Rudreshwara atau dikenal sebagai kuil Ramappa, dan Kekaisaran Song Yuan China. Daftar itu masih mungkin bertambah lewat kongres online UNESCO yang dilanjutkan pada 28 Juli.

Khusus Paseo del Prado, kawasan ini memang sangat bersejarah. Dalam situsnya, UNESCO menyebut jalan raya di jantung kota Madrid itu sebagai perwujudan ide baru tentang ruang kota di abad ke-18.

Luasnya tidak main-main, mencapai 200 hektare. Dengan lahan seluas itu, jalan raya Paseo del Pradodan memiliki kombinasi ruang seni dan sains yang berpadu dengan bangunan lain di situs yang dikhususkan untuk industri, perawatan kesehatan, dan penelitian.

Kemudian, Taman Retiro berada tidak jauh dari Paseo del Prado. Taman itu merupakan primadona wisatawan.

Taman Retiro atau taman retret memiliki luas 120 hektare. Taman ini merupakan sisa Istana Buen Retiro abad ke-17 dengan bagian terbesar dari properti merupakan gaya berkebun yang luar biasa di masa itu. Taman itu dibangun untuk keperluan pribadi Raja Felipe IV.

Jalan Raya Paseo del Prado di Madrid  masuk daftar situs warisan budaya dunia UNESCO pada Minggu (25/7/2021).Jalan Raya Paseo del Prado di Madrid masuk daftar situs warisan budaya dunia UNESCO pada Minggu (25/7/2021). (Getty Images/jimmyvillalta)

"Saya pikir itu luar biasa, itu adalah bagian dari warisan Spanyol yang harus kita hargai," kata Eloy Moreno (31) yang sedang berjalan-jalan di sepanjang jalan raya Paseo del Pradodan pada Minggu sore dan dikutip Reuters.

"Saya bukan dari sini dan hal pertama yang saya lihat adalah Retiro, Prado... Secara budaya, sejarah tempat ini sangat memperkaya wawasan Anda, saya pikir sangat bagus UNESCO memasukkannya," kata wisatawan lain, Josue Garcia (26).

Perdana Menteri Pedro Sanchez dengan cepat merayakan keputusan UNESCO itu. Dia menyampaikannya lewat Twitter.

"Pengakuan yang pantas untuk ruang di ibu kota yang menjaga warisan sejarah, seni, dan budaya kita."

Wali Kota Madrid Jose Luis Martinez-Almeida juga turut mencuit di Twitter. "Bangga dengan kota kami, serta bahagia untuk Spanyol dan warisan ibu kotanya."



Simak Video "UNESCO Tetapkan 4 Pulau di Jepang Sebagai Daftar Warisan Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA